Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub Konfirmasi Dirjen Perkeretaapian Positif Virus Corona

Saat ini Zulfikri dalam keadaan sehat dan tengah melakukan karantina. Dia telah melakukan tes swab bersama dengan istri, yang telah dinyatakan negatif corona, pada 18 Maret 2020.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  16:24 WIB
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri (tengah) saat menjelaskan Operation Control Center LRT Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (1/8). - JIBI/Rio Sandy
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri (tengah) saat menjelaskan Operation Control Center LRT Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (1/8). - JIBI/Rio Sandy

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri positif terjangkit virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati membenarkan adanya kabar mengenai salah satu pejabat eselon 1 yang telah terjangkit virus serupa dengan yang diderita oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Konfirmasi tersebut dilakukan atas izin dari yang bersangkutan.

"Pada hari ini, Selasa, 24 Maret 2020 atas seijin dari yang bersangkutan, kami informasikan bahwa Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Bapak Zulkifri telah dinyatakan positif Covid-19," jelasnya, Selasa (24/3/2020).

Dia menjelaskan saat ini Zulfikri dalam keadaan sehat dan tengah melakukan karantina. Zulkifri telah melakukan tes swab bersama dengan istri pada 18 Maret 2020, sementara istrinya dinyatakan negatif Covid-19.

Pihaknya menjelaskan sejak dilakukan tes dan berstatus orang dalam pengawasan (ODP), Zulfikri melakukan isolasi diri di rumah. Selain itu, juga selalu menggunakan masker dan telah mencegah kontak dengan orang lain.

Sebelumnya, dilaporkan Zulfikri telah menjalani rawat inap terindikasi Pneumonia (paru-paru basah) di Eka Hospital - BSD dari 9-13 Maret 2020. Kemudian sudah diperbolehkan kembali ke rumah dengan diberikan antibiotik.

Terhitung sejak 21 Maret sudah dinyatakan membaik dan tidak diberikan antibiotik. Sampai sekarang dalam keadaan sehat, yakni tanpa demam, batuk, atau  sesak napas.

Adapun, Zulkifli merupakan salah satu pejabat yang menerima langsung perintah dan mandat dari Menteri Perhubungan. Dia bekerja fokus terutama dalam menyelesaikan berbagai proyek perkeretaapian, mulai dari membuka kembali jalur selatan Jawa hingga Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kereta Semi Cepat Jakarta Surabaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top