Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Moeldoko: Kartu Pra Kerja Tidak Jamin Peserta Dapat Kerja

Program Kartu Pra Kerja adalah mendorong pertumbuhan tingkat kebekerjaan, bukan menjamin peserta untuk mendapatkan pekerjaan.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  11:59 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Kantor Staf Presiden Jakarta, Jumat (6/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Kantor Staf Presiden Jakarta, Jumat (6/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengingatkan masyarakat bahwa keberadaan Program Kartu Pra Kerja bukan berarti pemerintah menjamin peserta program untuk mendapatkan kerja.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan yang dilakukan oleh pemerintah melalui Program Kartu Pra Kerja adalah mendorong pertumbuhan tingkat kebekerjaan, bukan menjamin peserta untuk mendapatkan pekerjaan.

"Tujuan kita adalah upskilling, melengkapi keahlian agar mereka yang lulus siap dapat pekerjaan. Namun ini bukan jaminan, kita mendorong kebekerjaan, bukan menjamin," ujar Moeldoko, Jumat (20/3/2020).

Meski demikian, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pelaku usaha bisa memberikan feedback kepada lembaga pelatihan yang terdaftar di platform mitra Program Kartu Prakerja dalam proses perekrutan.

"Kalau saya perusahaan, akan sangat mudah bagi saya menemui lembaga pelatihan itu dan merekrut tenaga kerja hasil binaan. Lewat platform digital ini kita bisa menghubungkan banyak pihak baik peserta maupun industri," katanya, Jumat (20/3/2020).

Denni mengatakan pihaknya masih sangat membutuhkan banyak masukan dari berbagai stakeholder terkait agar Program Kartu Pra Kerja bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Menurutnya, implementasi Program Kartu Pra Kerja bisa saja berubah apabila feedback dari stakeholder mengatakan demikian.

Selain pihaknya selaku Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja, peserta juga dimungkinkan untuk mengevaluasi pelatihan yang diberikan oleh lembaga pelatihan melalui platform yang tersedia.

"Nanti kita bisa lihat review peserta pelatihan seperti apa. Ini sebenarnya bukan hal yang baru di market, tapi baru di pemerintahan," ujar Denni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

moeldoko Kartu Pra Kerja
Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top