Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Siapkan Anggaran Covid-19 Sebesar Rp62,3 Triliun

Jumlah anggaran yang bisa direalokasikan ini meningkat drastis dibandingkan yang sebelumnya, di mana Kementerian Keuangan menyiapkan sekitar Rp5 triliun hingga Rp10 triliun yang bisa direalokasi.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  14:33 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan kepada tim Bisnis Indonesia saat wawancara eksklusif di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan kepada tim Bisnis Indonesia saat wawancara eksklusif di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan terdapat anggaran sebesar Rp62,3 triliun yang tersebar di berbagai kementerian dan lembaga (K/L) yang bisa direalokasikan untuk penanggulangan Covid-19.

Jumlah anggaran yang bisa direalokasikan ini meningkat drastis dibandingkan dengan rencana sebelumnya. Sebelumnya, Kementerian Keuangan menemukan ada sekitar Rp5 triliun hingga Rp10 triliun yang bisa direalokasi.

"Pertama dari anggaran perjalanan dinas, belanja barang nonoperasional, honor, itu semua bisa direalokasikan dan K/L akan menyesaikan untuk 3 prioritas, ini baru APBN belum APBD," ujar Sri Mulyani, Jumat (20/3/2020).

Contohnya, untuk belanja perjalanan dinas dan paket meeting terdapat anggaran sekitar Rp43 triliun.  Sebesar 50 persen dari keseluruhan belanja tersebut bisa direalokasikan untuk 3 prioritas di bidang kesehatan, jaring pengaman sosial, dan ekonomi.

Khusus untuk belanja modal yang terutama terdapat banyak di Kementerian PUPR, belanja modal tersebut diperpanjang kegiatannya melebihi satu tahun anggaran. Selisih anggaran yang timbul dari perpajangan masa kegiatan tersebut bisa direalokasikan untuk belanja prioritas penanggulangan Covid-19.

"Belanja kita pada APBN 2020 mencapai 2.500 triliun, ruang yang kita miliki besar," ujar Sri Mulyani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn sri mulyani Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top