Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga Tutup Layanan Top-up Tunai di Jabotabek

Dalam upaya pencegahan penyebaran corona, Jasa Marga menutup sementara fasilitas top-up saldo tunai di gerbang tol di wilayah Jabotabek.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  14:58 WIB
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) menutup sementara fasilitas isi ulang saldo (top up) tunai di gerbang tol wilayah Jabotabek yang secara aktif diberlakukan mulai hari ini, Kamis (19/03/2020).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan bahwa upaya ini menjadi wujud komitmen Jasa Marga dalam meningkatkan langkah antisipasi pengendalian Covid-19.

“Hal ini dilakukan karena kami mengutamakan kesehatan dan keamanan baik pengguna jalan maupun karyawan operasional. Dengan adanya fasilitas top up tunai masih ada transaksi dengan menggunakan uang tunai dan potensi kontak fisik antara pengguna jalan dengan karyawan operasional Jasa Marga,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/3/2020).

Heru mengimbau agar para pengguna jalan terlebih dulu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

Sebelumnya, operator pelat merah jalan tol ini juga telah melakukan langkah mitigasi di lingkungan rest area dan gerbang tol.

Di area gerbang tol, para petugas Costumer Service (CS) dan Mobile Costumer Service (MCS) telah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa rompi, masker, dan sarung tangan. Sesuai SOP yang diberlakukan menghadapi pandemi ini, Petugas CS juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan dicek suhu tubuhnya saat pratugas dan pascatugas.

“Saat ini untuk petugas CS yang bekerja di Gerbang Tol masih ada yang harus membantu tapping uang elektronik milik pengguna jalan sehingga cukup berpotensi untuk penularan Covid-19 baik untuk pengguna jalan maupun petugas CS. Kami harap dengan menggunakan sarung tangan dan masker, baik petugas CS maupun pengguna jalan mendapatkan perlindungan awal atas epidemi Covid-19 ini,” katanya.

Sementara itu, untuk memastikan kebersihan Gardu Tol Otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan, yaitu minimal satu jam sekali.

Untuk rest area jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB) dilakukan sosialisasi untuk mencuci tangan dengan benar dengan menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat strategis seperti di lokasi tenant, akses ke toilet, dan musholla.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top