Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Mudik Lebaran, Tiga Ruas Tol Siap Beroperasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan ada tiga ruas tol yang akan dilakukan uji laik fungsi dan siap doperasikan pada saat mudik Lebaran nanti.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  14:42 WIB
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan ada tiga ruas tol yang akan dilakukan uji laik fungsi dan siap doperasikan pada saat mudik Lebaran nanti.

Ketiga ruas tol yang dimaksud antara lain adalah Manado - Bitung seksi I, tol Pekanbaru - Dumai dan tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Seksi Kayu Agung - Jakabaring) sudah dilakukan uji laik fungsi dan siap dioperasikan sehingga bisa digunakan saat mudik Lebaran 2020.

"Saya berharap pada April 2020 tol Pekanbaru - Dumai dan Manado - Bitung sampai Danowudu sudah selesai konstruksinya sehingga bisa beroperasi mendukung kelancaran lalu lintas saat mudik Lebaran 2020,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Kamis (19/3/2020).

Untuk ruas Tol Manado - Bitung yakni pada Seksi I (Manado - Airmadidi) sepanjang 14 kilometer, Basuki menjelaskan bahwa ruas tersebut telah sepenuhnya tuntas baik pembebasan lahan dan pekerjaan fisiknya.

Adapun, progres konstruksi Seksi 2A yakni Airmadidi - Kauditan sepanjang 6,5 kilometer telah mencapai 98,16 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,61 persen. Pembangunan seksi ini ditargetkan selesai pada April 2020.

Selanjutnya, Seksi 2B (Kauditan- Bitung) sepanjang 18,5 kilometer, progres fisiknya telah mencapai 45,59 persen dengan progres lahan 97,25 persen. Ditargetkan konstruksi Seksi 2B selesai pada akhir Desember 2020.

Diharapkan Tol Manado - Bitung nantinya akan mengurangi biaya logistik dari dan menuju ke Pelabuhan Internasional Bitung, sekaligus mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado – Bitung – Likupang.

Kemudian, untuk pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai tepatnya pada Seksi I (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 kilometer, konstruksinya telah sepenuhnya rampung.

Sementara, Seksi 2 - 6 dengan total panjang 120,9 kilometer, progres fisiknya telah mencapai 89,19 persen dengan pengadaan lahan 94,26 persen. Pembangunan seluruh seksi ini ditargetkan selesai pada akhir April 2020.

Ruas tol ketiga yang akan beroperasi pada saat mudik Lebaran nanti adalah pembangunan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung Seksi Kayu Agung - Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer yang sudah rampung pengerjaannya dan siap digunakan sebelum mudik Lebaran 2020.

Kemudian di Seksi Jakabaring - Jalintim Sumatera sepanjang 9 kilometer, diketahui progres fisiknya telah mencapai 52,45 persen. Dengan pembebasan lahan yang sudah tuntas sepenuhnya, ruas ini ditargetkan selesai pad Desember 2020.

Sementara itu, seksi 2 dan 3 (Jalintim - Betung) sepanjang 69,19 kilometer, progres fisik telah mencapai 22,15 persen dan pembebasan lahan mencapai 59,69 persen.

Secara keseluruhan pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian pembangunan 28 ruas tol dengan panjang 482 kilometer dan melengkapi jaringan jalan tol yang sudah dioperasikan hingga akhir tahun lalu yakni 2.300 kilometer yang meliputi 54 ruas tol, termasuk Jembatan Suramadu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol bpjt Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top