Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Corona di Transportasi, Pemerintah Bisa Tiru Vietnam

Penyediaan mobile decontamination chamber (MDC) bsia diterapkan di tempat-tempat umum, seperti stasiun, terminal, pusat perbelanjaan, dan perkantoran.
Contoh mobile decontamination chamber (MDC) yang diterapkan di Vietnam./Dok. Istimewa
Contoh mobile decontamination chamber (MDC) yang diterapkan di Vietnam./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyarankan pemerintah bisa mengadaptasi upaya Vietnam dalam mencegah virus corona (Covid-19) di sektor transportasi.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan salah satu upaya pencegahan yang bisa ditiru adalah penyediaan mobile decontamination chamber (MDC) yang diterapkan di tempat-tempat umum, seperti stasiun, terminal, mall, perkantoran.

"MDC ini biasanya diterapkan di breeding farm, setiap yang keluar masuk wajib distersilisasi. Vietnam merupakan negara pertama yang berhasil mengendalikan, menyembuhkan, dan terbebas dari wabah virus Corona," kata Djoko, Senin (16/3/2020).

Dia menambahkan MDC dapat diterapkan apalagi di wilayah DKI Jakarta yang memiliki tingkat aktivitas masyarakat yang cukup padat, terutama di simpul-simpul transportasi. Salah satu upaya ini dapat dilakukan guna tetap memberikan layanan transportasi yang aman bagi seluruh pengguna.

Menurutnya, kesehatan memang menjadi aspek yang perlu ditambahkan selain kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi. Terlebih, sekarang pemerintah sedang mempersiapkan program mudik lebaran.

Tambahan aspek kesehatan diberikan dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Operasional dan Pelayanan (SOP) setiap pelaksanaan moda transportasi yang melayani mudik lebaran.

Adapun, pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri dan berolahraga yang cukup adalah anjuran pemerintah bagi seluruh warga negara dalam upaya menangkal terinfeksi virus Corona.

Djoko berpendapat yang menjadi perhatian serius bagi penyelenggara bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan juga operator transportasi umum selalu tetap menjaga kebersihan. Seluruh komponen pengguna transportasi umum turut memperhatikan imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan demi kesehatan diri sendiri dan orang lain.

"Komunikasi intensif untuk menjaga kebersihan di terminal, pelabuhan, stasiun, bandara dan fasilitas transportasi umum harus terus dilakukan dengan cara yang konsisten, terarah dan terukur. Transportasi berkesehatan menjadi impian yang dapat terwujud," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper