Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Kondisi Menhub Budi Karya Sumadi hingga Positif Virus Corona

Jam terbang Budi dalam memerangi Covid-19 diakui banyak pihak, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengambil peran penting dalam penanganan wabah virus corona di Tanah Air. Jam terbang Budi dalam memerangi Covid-19 diakui banyak pihak, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam dua pekan terakhir, beragam agenda dilaluinya, mulai dari rapat koordinasi, peresmian proyek hingga mengawal penanganan virus corona.

Berikut kronologi aktivitas Budi selama dua pekan terakhir. Selain catatan Bisnis, informasi juga dihimpun dari akun twitter @BudiKaryaS.

29 Februari

Budi melakukan rapat dan konferensi pers tentang Pemberian Insentif Transportasi Kepariwisataan Menuju 10 titik destinasi wisata di Indonesia. 

2 Maret

Sejumlah aktivitas dilalui Budi Karya Sumadi. Mengawali hari, Budi meninjau Bandara Kertajadi tempat penjemputan 69 warga negara Indonesia yang menjadi anak buah kapal Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.

Dari Bandara Kertajati, Budi beranjak ke PLTU Indramayu untuk melihat kesiapan pelabuhan dan KRI Suharso. Adapun KRI Suharso merupakan kapal yang digunakan 69 ABK Diamond Princess ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

4 Maret

Dalam akun @BudiKaryaS, Menhub tampak memantau perbaikan-perbaikan proyek kereta cepat. Budi mengatakan evaluasi dilakukan dalam rangka menindaklanjuti catatan dari Komite Keselamatan Konstruksi. Tampak unggahan status twitternya berpose bersama Menteri PU Basuki Hadilmuljono.

10 Maret

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan bahwa Menhub Budi Karya Sumadi terkena gejala tifus. Dia jatuh sakit setelah melakukan rangkaian kunjungan ke berbagai daerah.

Adita mengatakan walaupun sedang sakit, tetapi Menhub tetap menjalankan tugasnya dari rumah dan memantau tugas-tugas kementerian agar tetap berjalan seperti biasa.

"Saat ini Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare-pare, Kertajati dan Indramayu," kata Adita, Selasa (10/3/2020).

11 Maret

Menteri Budi Karya Sumadi bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Cora Van Nieuwenhuize membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. 

Selain itu, Budi Karya sempat menghadiri rapat terbatas (Ratas) Kabinet Indonesia Maju bertemakan Otonomi Khsuus  papua dan Permasalahan Tanah Sumatra Utara.

14 Maret

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terinfeksi virus corona atau Covid-19.

“Ini atas izin keluarga. Tugas beliau sebagai Menhub memang menjadi terdepan dan beliau sangat aktif untuk penanganan dampak covid-19 ini,” katanya di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Hal ini juga disampaikan oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya.

“Saya selaku wakil kepala RSPAD Gatsu. Seizin pimpinan dan seizin keluarga dari pasien nomor 76 [Menhub Budi Karya Sumadi] yang sudah disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk covid-19. Benar pada saat ini pasien kalau tidak salah nomor 76 sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto dan dengan beberapa undelying disease dan juga hasil laboratorium confirm untuk Covid-19,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper