Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dievaluasi Jokowi, Kemenhub Benahi Tol Laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pembenahan program tol laut melalui 6 aspek kegiatan. Kegiatan tersebut tidak hanya berfokus pada aktivitas transportasi dan pengiriman barang saja.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  15:30 WIB
Dievaluasi Jokowi, Kemenhub Benahi Tol Laut
Penumpang antre untuk menaiki KM Sangiang di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (27/5/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pascaevaluasi oleh Presiden Joko Widodo, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai pemegang proyek tol laut, terus melakukan pembenahan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Wisnu Handoko, mengatakan terdapat 6 langkah yang dilakukan pihaknya guna meningkatkan kinerja tol laut.

"Langkah yang akan dilakukan Kemenhub, pertama aspek kapal dengan terus memperbaiki manajemen pengoperasian untuk menjaga ketepatan waktu sesuai target pelayaran," jelasnya Minggu (8/3/2020).

Kedua, aspek pengawasan dengan meningkatkan perhatian terhadap potensi monopoli oleh pelaku usaha yang memanfaatkan tol laut dan menerapkan sanksi tegas.

Ketiga, aspek teknologi informasi dengan terus memperbaiki Logistics Communication System (LCS) sebagai platform utama untuk mengontrol instruksi pelayaran dan komoditas barang pokok dan penting yang diangkut.

Keempat, terus berkolaborasi dengan sistem perdagangan antarpulau sampai mendapatkan manifes perdagangan menjadi manifes pengangkutan. Selain itu, Kemenhub berupaya mendorong pemerintah daerah memanfaatkan ruang muat tol laut untuk pengembangan dan pembangunan daerah serta pemasaran produksi industri lokal.

"Kelima, aspek biaya logistik, diperbaiki dengan mempercepat pemberlakuan standardisasi biaya-biaya di ekosistem pelayaran, pelabuhan, pergudangan dan moda transportasi lainnya," jelasnya.

Terakhir, aspek pelabuhan dengan memprioritaskan pengembangan sarana dan prasarana pelabuhan penyangga Program Tol Laut yang menunjukkan peningkatan troughout siginifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kemenhub Tol Laut
Editor : Andya Dhyaksa
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top