Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Tirtonadi Bakal Disulap Jadi Pusat Kreasi

Proyek ini akan dimulai dengan lelang pada Maret 2020, sehingga ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.
Terminal Tirtonadi, Surakarta. /Hino
Terminal Tirtonadi, Surakarta. /Hino

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevitalisasi Terminal Tirtonadi menjadi hub transportasi sekaligus pusat kreasi baru di Solo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek ini akan dimulai dengan lelang pada Maret 2020, sehingga ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

"Selesai kira-kira delapan bulan, jadi November [2020 sudah] bisa digunakan. Anggaran sekitar Rp50 miliar,” kata Budi dalam keterangan yang dikutip, Senin (17/2/2020).

Dia mengatakan pengembangan terminal menjadi pusat kreasi akan dilakukan dengan membangun ruangan besar yang bisa digunakan untuk mengadakan bermacam kegiatan. Area sekitar terminal akan dibuat semacam pusat kreativitas dengan function hall seluas 2.000 meter2, yang bisa digunakan untuk acara-acara anak sekolah, gedung pernikahan dan kegiatan lainnya.

Terminal Tirtonadi, lanjutnya, akan dibangun gedung hingga lima lantai yang diisi dengan kegiatan-kegiatan komersial seperti sentra batik, belanja, kuliner, tempat olahraga, hotel, dan sebagainya. Dengan demikian, fungsi tersebut akan memberikan pendapatan tambahan, rencananya hal ini akan dikerjasamakan dengan pemerintah daerah.

Dia ingin mengangkat pamor terminal tersebut, sehingga tidak hanya berperan sebagai tempat menaikturunkan penumpang saja. Diharapkan berbagai kalangan mau datang ke terminal tersebut seperti anak muda, orang tua, hingga penikmat kesenian.

"Bayangkan kalau [revitalisasi terminal] ini jadi, orang dari Wonogiri, Sragen, Karanganyar, mau ke sini gampang. Bisa naik bus dan bisa naik kereta. Akhirnya bus-bus itu menjadi bus-bus yang bagus karena dia akan menuju tempat lifestyle baru dari Solo,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper