Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Siapkan Dua Ruas Tol untuk Bandara Kediri

Dari ruas tol Ngawi-Kertosono akan ditambah akses langsung ke Bandara Kediri.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 Februari 2020  |  18:07 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, KEDIRI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Bandara Kediri dapat diakses melalui dua ruas tol yakni ruas tol Kertosono-Kediri-Tulungagung dan Ngawi-Kertosono.

"Tadi sudah dibilang dari Kertosono-Kediri-Tulungagung. Kemudian, sudah penugasan ke [pengelola] tol Ngawi-Kertosono. Selain itu kita akan membangun drainase di bandara itu," ujar Menteri PUPR Basuki di Kediri, Sabtu (16/2/2020)

Menurutnya, dari ruas tol Ngawi-Kertosono akan ditambah akses langsung ke Bandara Kediri.

Bisnis mencatat, Kementerian PUPR telah melakukan amendemen perjanjian pengusahaan jalan tol dengan PT Jasamarga Ngawi Kertosono, operator jalan tol Ngawi—Kertosono yakni adendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Dalam adendum tersebut lingkup tol tersebut akan ditambahkan hingga ke Kediri yakni melalui ruas ekstensi sepanjang 27 kilometer.

Fokus pemerintah pada kelancaran akses menuju bandara baru juga tampak pada Yogyakarta International Airport (YIA). Guna mendukung pengembangan bandara tersebut, pemerintah akan membangun ruas Solo-Yogyakarta-YIA yang kini telah memasuki masa tender proyek.

Ruas tol sepanjang 93 kilometer tersebut diharapkan akan mempermudah akses masyarakat menuju atau dari YIA selain mendukung perekonomian kawasan di sekitarnya, termasuk sektor pariwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara Kementerian PUPR
Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top