Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Ma'ruf: Wisata Halal Bukan Mensyariahkan Destinasi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai wisata halal bukan membuat suatu daerah menjadi serba syariah, tetapi membuat nyaman wisatawan muslim ketika berkunjung ke suatu destinasi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  12:19 WIB
Wapres Ma'ruf Amin bersama Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi saat melakukan pertemuan di Kantor Wapres, Senin (27/1/2020) - Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin bersama Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi saat melakukan pertemuan di Kantor Wapres, Senin (27/1/2020) - Setwapres

Bisnis.com KARAWANG - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan konsep pariwisata halal menitik beratkan kepada kenyamanan bagi wisatawan muslim.

Hal itu diungkapkan saat acara pembukaan Musyawarah Nasional ke-17 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Hotel Redean, Karawang, Senin (10/2/2020).

Wapres menegaskan wisata halal bukan membuat suatu daerah menjadi serba syariah, tetapi membuat nyaman wisatawan muslim ketika berkunjung ke suatu destinasi.

Untuk itu, dia meminta dukungan aktif dan kerja sama dari PHRI dalam memberikan layanan halal, misalnya kenyamanan untuk ibadah sholat dan kemudahan menemukan makanan halal.

"Tidak benar bila wisata halal diartikan sebagai upaya untuk mensyariahkan destinasi wisata. Oleh karena itu, dalam konteks wisata halal ini, baik Bapak Presiden, saya dan segenap jajaran pemerintah telah berkomitmen untuk terus mendorong kemajuannya," katanya.

Menurutnya, oleh karena besarnya potensi wisatawan muslim, kesadaran untuk memberikan pelayanan tambahan bagi wisatawan muslim sudah dilakukan oleh negara-negara lain.

Misalnya Jepang, Australia, Rusia dan negara-negara Eropa lainnya. Hal itu dilakukan dengan tujuan bisa menarik lebih banyak wisatawan Muslim, yang jumlahnya meningkat tajam dari waktu ke waktu.

"Indonesia yang dikenal sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia sudah seharusnya dapat menjadi pionir dan model bagi negara-negara lain," katanya.

Hal itu dilakukan bukan saja untuk menarik masuk wisatawan muslim dari luar negeri, tapi juga terutama untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan wisatawan muslim dari dalam negeri yang potensinya juga sangat besar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres Ma'ruf Amin WISATA HALAL halal
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top