Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Promo Akhir Tahun, Layanan GoSend Tumbuh 50%

Jumlah permintaan layanan GoSend tersebut tumbuh pesat dibandingkan dengan rata-rata hari normal selama Januari – Agustus, kecuali pada Mei saat Ramadhan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 03 Februari 2020  |  10:12 WIB
Ilustrasi - gojek.com
Ilustrasi - gojek.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Gojek Indonesia mengalami lonjakan permintaan layanan kurir sebesar 50% pada periode September-Desember 2019 sebagai dampak adanya promo belanja daring akhir tahun.
 
VP Corporate Affairs Gojek Judica Nababan menuturkan jumlah permintaan layanan GoSend tersebut tumbuh pesat dibandingkan dengan rata-rata hari normal selama Januari – Agustus, kecuali pada Mei saat Ramadhan. Alhasil, pihaknya harus menyeimbangkan tingkat permintaan layanan GoSend dalam menyambut promo belanja.
 
“Jika dibandingkan dengan promo belanja online 2018 pada September - Desember, terdapat kenaikan order hingga hampir 50% dibandingkan dengan hari biasa di bulan Januari - Agustus,” jelasnya, Senin (3/2/2020).
 
Dia menlai layanan pengiriman pada hari yang sama menjadi penting bagi para pemain logistik sejalan dengan popularitas belanja dan dagang daring. Layanan tersebut semakin mendesak untuk mengakomodasi tingginya permintaan dari pelanggan.
 
Pelanggan, lanjut dia, cenderung tidak melakukan belanja daring apabila harus menunggu lama untuk menerima pesanan mereka dibandingkan dengan waktu untuk melakukan perjalanan ke toko dan membeli secara secara langsung.
 
Selain itu, langkah masuk ke jasa kurir tak terbatas bermanfaat bagi pelanggan tetapi juga bagi pelakudagang daring dalam mempercepat distribusi paket. Hal ini akan mendorong pertumbuhan volume pengiriman dan pendapatan.
 
Kedepannya, dalam meningkatkan layanan ini manajemen harus menyeimbangkan antara kebutuhan pelanggan untuk menerima pesanan mereka dengan memudahkan pengemudi dalam melakukan pengiriman. Caranya, dengan membatasi berat dan volume setiap pesanan.
 
Layanan GoSend menetapkan batas waktu antara pukul 08.00 - 15.00 baik bagi mitra dagang daring maupun penjual daring  dalam menyiapkan pengiriman pesanan supaya pelanggan dapat menerima pesanan mereka pada hari yang sama.
 
Sebagai nilai tambah, pihaknya bekerja sama dengan PasarPolis dan Allianz dalam mengasuransikan pengiriman barang. Setiap barang yang dikirim dengan GoSend juga akan mendapat asuransi maksimal senilai Rp10 juta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
Tercatat, aplikator transportasi online tersebut juga telah bermitra dengan sejumlah pelaku dagang daring seperti seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Alfacart, Ruparupa, Babyzania, dan Jakmall.
 
“Manajemen juga terbuka untuk berkolaborasi dengan mitra yang lebih luas,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online promosi Gojek
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top