Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Bikin Aplikasi Percepat Layanan Sandar dan Labuh

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.
Ilustrasi/Pelindo III
Ilustrasi/Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) III atau Pelindo III meluncurkan aplikasi Vasa untuk mempercepat layanan sandar dan labuh kapal.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja. Adapun, perseroan menaungi 43 pelabuhan di tujuh provinsi berbeda.

"Aplikasi ini bisa membuat proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal," kata Doso Agung dalam siaran pers, Senin (3/2/2020).

Dia menambahkan terobosan baru tersebut menyediakan berbagai layanan, antara lain planner modul yang dapat melakukan perencanaan ploting tambatan. Penjadwalan kapal yang akan digantikan serta real time monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data terkini yang ada di dalam Vasa.

Aplikasi tersebut, lanjutnya, sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS (operasional terminal) barang dan peti kemas, serta portal konsumen yang telah beroperasi sebelumnya. Selain itu, sudah diintegrasikan dengan SAP laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing.

Di sisi lain, imbuhnya, aplikasi ini terkoneksi dengan Automatic Identification System (AIS), sehingga Pelindo III bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan. Diharapkan Vasa bisa memberikan layanan optimal kepada para para pengguna jasanya, karena pengajuan sandar bisa dilakukan kapan dan di mana saja hanya melalui gawai.

Menurutnya, segala bentuk inovasi teknologi yang dilakukan merupakan bagian dari upaya perusahaan, agar terus relevan pada perkembangan teknologi industri 4.0 yang menuntut semua pelayanan serba cepat, efisien, fleksibel, dan berbasis teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper