Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Batik Air Segera Datangkan Airbus 320 NEO ke Indonesia

Pesawat tersebut sudah selesai menjalani proses pengujian terbang dari Bandar Udara Internasional Toulouse Blagnac dan saat ini sedang dilakukan tahap pengerjaan lainnya di pabrikan Airbus, Toulouse. 
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  10:12 WIB
Pesawat Batik Air - Airline Empires
Pesawat Batik Air - Airline Empires

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai Batik Air akan mendatangkan pesawat generasi modern kategori badan sedang yaitu Airbus 320-200NEO (new engine option).

Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie mengatakan pesawat tersebut sudah selesai menjalani proses pengujian terbang dari Bandar Udara Internasional Toulouse Blagnac dan saat ini sedang dilakukan tahap pengerjaan lainnya di pabrikan Airbus, Toulouse. 

"Airbus 320-200NEO Batik Air akan dikirim ke Indonesia dalam waktu dekat," ujarnya melalui keterangan resmi dikutip Kamis, (30/1/2020).

Rencananya, perseroan akan memanfaatkan pesawat baru tersebut untuk pengembangan bisnis dan melayani berbagai rute yang sudah ada atau eksisting.

Selain itu. Batik Air juga berencana melakukan penambahan frekuensi terbang, serta pembukaan rute baru baik domestik maupun internasional.

Sebagai informasi, A320-200NEO berkonfigurasi kursi lorong tunggal (single aisle) berkapasitas 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.  

Pesawat A320-200 NEO juga menyediakan 10 persen volume ekstra, menampung lebih banyak jumlah tas hingga 60 persen. Desain baru kompartemen bagasi kabin juga memungkinkan pengaturan yang lebih mudah dan mampu menyimpan banyak barang bawaan di kabin.

Sementara itu dari sisi operasional, A320-200 NEO menggunakan sistem Fly-By-Wire yang beroperasi secara tepat dengan kebutuhan spesifik rute tertentu. Selain itu mesinnya juga eco-friendly sehingga menjadi lebih hemat dari sisi bahan bakar dan mampu menempuh jarak penerbangan lebih jauh.

Pesawat ini juga memiliki ”Type Rating” yang memudahkan pilot dalam menerbangkan tipe pesawat.  Tim mekanik atau teknisi yang sama dapat memelihara beberapa tipe pesawat sekaligus. 

Tercatat hingga kini Batik Air melayani lebih dari 45 destinasi domestik dan internasional serta mempunyai frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 350 per hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airbus batik air maskapai penerbangan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top