Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspor Batu Bara ke China Masih Kebal Virus Corona

Permintaan batu bara dari Negeri Tirai Bambu dinilai masih normal. Penurunan yang terjadi saat ini dianggap wajar lantaran aktivitas perdagangan belum sepenuhnya berjalan pascalibur Tahun Baru China atau Imlek.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  16:38 WIB
Petugas mengawasi proses penimbunan batu bara di Tambang Air Laya, Tanjung Enim, Sumatra Selatan, Minggu (3/3/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Petugas mengawasi proses penimbunan batu bara di Tambang Air Laya, Tanjung Enim, Sumatra Selatan, Minggu (3/3/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Eskalasi penyebaran virus corona nampaknya belum berpengaruh terhadap permintaan batu bara China ke Indonesia.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan permintaan batu bara dari Negeri Tirai Bambu masih normal. Adapun, penurunan yang terjadi saat ini merupakan hal yang wajar lantaran aktivitas perdagangan yang belum sepenuhnya berjalan pascalibur Tahun Baru China atau Imlek.

"Memang seminggu sebelum Imlek dan biasanya berlanjut seminggu setelahnya transaksi perdagangan agak lesu dan itu biasa terjadi," katanya ketika dihubungi oleh Bisnis pada Rabu (29/1/2020).

Lebih lanjut, Hendra belum bisa memastikan apakah virus corona kedepannya bisa berdampak pada ekspor batu bara Indonesia ke China yang merupakan pasar terbesar. Namun yang jelas, merujuk pada kondisi di tahun-tahun sebelumnya belum muncul tanda-tanda adanya penurunan permintaan.

Oleh karena itu, belum ada antisipasi khusus yang dilakukan oleh eksportir batu bara Indonesia.

"Belum ada tanda-tanda penurunan permintaan [karena] kondisi pasar sedang oversupply," ungkapnya.

Berdasarkan data Kepabeanan China,  ekspor batu bara Indonesia sepanjang Januari-November 2019 meningkat 11,8 persen dari US$2,7 miliar menjadi US$2,9 miliar. Adapun, secara keseluruhan nilai ekspor Indonesia ke China pada periode yang sama tercatat sebesar US$31,4 miliar atau berada di urutan ke 15.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara virus corona
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top