Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi Tutup BNP2TKI, Ini Lembaga Gantinya

Pemerintah memilih melakukan revitalisasi terhadap kelembagaan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 14 Januari 2020  |  11:21 WIB
BNP2TKI. - Bisnis.com
BNP2TKI. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Guna mengoptimalkan upaya pelayanan dan perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia, Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden tentang Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

BMPI merupakan  lembaga pemerintah nonkementerian yang bertugas sebagai pelaksana kebijakan dalam pelayanan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia secara terpadu.

“Dengan Peraturan Presiden ini dibentuk BP2MI yang merupakan revitalisasi dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia [BNP2TKI],” dikutip dari keterangan resmi di Sekretariat Kabinet, Selasa (14/1/2020).

Nantinya, BP2MI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan, dan dipimpin oleh Kepala.

BP2MI menyelenggarakan fungsi di antaranya pelaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, pelaksanaan pelayanan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, pelaksanaan penempatan Pekerja Migran Indonesia atas dasar perjanjian secara tertulis antara pemerintah pusat dengan pemerintah negara pemberi kerja, dan funsgi lainnya.

Pegawai negeri sipil di lingkungan BNP2TKI akan menjadi pegawai negeri sipil di lingkungan BP2MI. Selain itu, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia tetap dapat dilaksanakan sampai dengan ditetapkannya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran BP2MI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi TKI tenaga kerja bnp2tki tenaga kerja indonesia pekerja migran
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top