Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KABAR PASAR 10 JANUARI: Memacu Mandatori Biodiesel; Timur Tengah Membara, Maskapai Domestik Alihkan Rute

Berita mengenai upaya memaksimalkan kebijakan mandatori biodiesel serta maskapai domestik yang mengalihkan rute menyusul konflik di Timur Tengah menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia hari ini, Jumat (9/1/2020).
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 10 Januari 2020  |  08:53 WIB
Marinir AS dengan Batalion ke-2, Marinir ke-7 menjaga keamanan di kompleks kedutaan AS di Baghdad, Irak, 3 Januari 2020. - Sersan Marinir AS Kyle C. Talbot / via REUTERS
Marinir AS dengan Batalion ke-2, Marinir ke-7 menjaga keamanan di kompleks kedutaan AS di Baghdad, Irak, 3 Januari 2020. - Sersan Marinir AS Kyle C. Talbot / via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai upaya memaksimalkan kebijakan mandatori biodiesel serta maskapai domestik yang mengalihkan rute menyusul konflik di Timur Tengah menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia hari ini, Jumat (9/1/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Memacu Mandatori Biodiesel. Pemerintah memanggul tugas yang berat dalam memaksimalkan kebijakan mandatori biodiesel. Sejumlah persoalan masih mengganjal, mulai dari perkara distribusi hingga ancaman gangguan produksi tanaman sawit.

Timur Tengah Membara, Maskapai Domestik Alihkan Rute. Kementerian Perhubungan memastikan maskapai nasional sudah mengalihkan rute penerbangannya dari wilayah udara beberapa negara Timur Tengah yang berisiko konflik. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengatakan Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai nasional yang terbang ke Eropa dan melewati ruang udara tersebut.

Surplus Bukan Mimpi. “Kalau neraca transaksi berjalan sudah positif, itulah kita betul-betul merdeka,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri di Istana Negara, kemarin.

Mengubah transaksi berjalan dari defisit menjadi surplus memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan mustahil, tetapi target ini memang sangat berat. Indonesia pernah merasakan surplus transaksi berjalan, tepatnya pada periode 2000 silam. Surplus transaksi berjalan menandakan kondisi di mana ekspor lebih tinggi dibandingkan dengan impor, sehingga suplai valas dalam kondisi memadai, bahkan berlebih.

Standardisasi Biaya Disusun. Pemerintah bakal melakukan pembenahan atas pengelolaan keuangan daerah melalui penyusunan revisi UU tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah yang telah masuk ke dalam program legislasi nasional (prolegnas).

Beban Australia Makin Berat. Australia harus menanggung beban ekonomi yang berat pascakebakaran yang melanda sebagian besar negara tersebut. Sejumlah dampak yang mengintai Negeri Kanguru di antaranya adalah investasi swasta yang diprediksi tertahan, serta terganggunya produksi pertanian dan ekosistem pariwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabar pasar
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top