Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

130 Ribu Kendaraan Melewati Gerbang Tol Merak selama Libur Nataru

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak mencatat sebanyak 130.692 kendaraan yang meninggalkan gerbang Merak pada periode H-5 Natal 2019 s/d H-1 Tahun Baru 2020 yang menuju pelabuhan Merak.
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak mencatat sebanyak 130.692 kendaraan yang meninggalkan gerbang Merak pada periode H-5 Natal 2019 s/d H-1 Tahun Baru 2020 yang menuju pelabuhan Merak.

Momen ini dimanfaatkan pengguna jalan untuk menikmati liburan Natal dan Tahun Baru tujuan pulau Sumatera.

Selain itu ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga mencatat lalu lintas akumulasi total kendaraan yang melintas di Ruas Tangerang-Merak sebanyak 2.653.571 kendaraan pada periode H-5 Natal 2019 s.d. H+5 Tahun Baru 2020, atau turun -1,61% dibandingkan dengan rata-rata harian normal.

Jumlah ini naik sebanyak 3,59% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Natal Tahun 2018. Jumlah kendaraan ini turun jika dibandingkan dengan prediksi jumlah kendaraan yang melintas sebesar -3,16%.

Kondisi cuaca yang kurang baik dengan intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Jabodetabek, mempengaruhi trafik lalu lintas kendaraan di ruas tol Tangerang-Merak.

Jumlah total kendaraan harian dari semua gerbang tol Tangerang-Merak tertinggi pada periode Libur Natal dan Tahun Baru ini sebanyak 171.891 kendaraan pada tanggal 23 Desember 2019 yang jatuh pada hari Senin.

Capaian jumlah kendaraan pada H-2 Natal ini dipengaruhi oleh volume kendaraan yang ingin menikmati liburan di wilayah provinsi Banten dan komoditas distribusi barang yang kembali beroperasi pasca periode pengaturan lalu lintas operasional kendaraan angkutan barang.

Pengaturan kendaraan angkutan barang melintas di ruas tol Tangerang-Merak sesuai dengan Permen Nomor 72 Tahun 2019 tentang Pengaturan Lalu Lintas Operasional Mobil Barang Selama Masa Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. Khusus gerbang Merak, capaian jumlah kendaraan tertinggi sebanyak 13.044 kendaraan pada hari Jumat 20 Desember 2019.

Gerbang tol Serang Timur tercatat sebanyak 192.122 kendaraan pada periode wisata di tahun ini, turun -4,33% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, di gerbang tol Cilegon Timur terjadi peningkatan pada periode wisata di tahun ini sebesar 6,78% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kembali membaiknya minat wisata pantai Anyer-Carita yang melintas di gerbang tol Cilegon Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper