Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akses Tol Pematang—Batang via Bojong Dibuka Pertengahan Tahun Ini

Jalan tol Pemalang—Batang yang membentang sejauh 39,20 kilometer saat ini memiliki empat pintu tol, yaitu Pemalang/Sewaka, SS Pemalang, SS Batang, dan Pasekaran.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 10 Januari 2020  |  07:31 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Seksi 3 dan 4 Brebes Timur-Sewaka) dan Jalan Tol Pemalang-Batang (Segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang), Jumat (9/11/2018). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Seksi 3 dan 4 Brebes Timur-Sewaka) dan Jalan Tol Pemalang-Batang (Segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang), Jumat (9/11/2018). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemalang Batang Toll Road menargetkan pembukaan akses baru di Bojong menuju jalan tol Pemalang—Batang, Pekalongan pada Juni 2020. Akses baru ini diharapkan bisa memicu pengembangan wilayah di Pekalongan.

Direktur Utama PT Pemalang Batang Toll Road Supriyono mengatakan jadwal penyelesaian akses Bojong mengalami pemunduran karena terkendala pembebasan lahan. Semula, konstruksi akses Bojong dijadwalkan rampung pada April 2020. 

"Ini agak mundur. Kami usahakan Juni 2020 selesai dan Lebaran bisa digunakan fungsional," ujar Supriyono kepada Bisnis, Kamis (9/1/2020).

Jalan tol Pemalang—Batang yang membentang sejauh 39,20 kilometer saat ini memiliki empat pintu tol, yaitu Pemalang/Sewaka, simpang susun Pemalang, simpang susun Batang, dan Pasekaran.

Adapun, akses baru di Bojong berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Pekalongan.

Menurut Supriyono, akses baru di Pekalongan diharapkan bisa merangsang pengembangan kawasan sehingga secara langsung mendongkrak volume arus lalu lintas di jalan tol.

Sejak beroperasi pada 2018, lalu lintas harian di jalan tol Pemalang–Batang telah mencapai 22.800 kendaraan, di atas ekspektasi operator sebesar 18.000 kendaraan.

Di samping itu, keberadaan pintu tol baru di Bojong bakal menambah alternatif pengguna jalan yang hendak menuju Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Lewat akses baru, pengguna jalan tidak perlu keluar di pintu tol Pemalang atau Tegal.  "Ke arah Selatan, ke Banjarnegara itu 4 jam pasti sampai. Jadi, akses baru ini bisa mengurangi [kepadatan] di jalur Pemalang," tuturnya.

Di sisi lain, badan usaha jalan tol bakal mendapat kompensasi kenaikan tarif atas pembangunan akses baru di Pekalongan. Namun, Supriyono belum mengetahui berapa persen kenaikan tarif yang akan diterima perseroan.

Sebelumnya, perusahaan juga sudah mendapat kompensasi perpanjangan masa konsesi menjadi 50 tahun seiring kebijakan rasionalisasi tarif tol pada 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol pemalang batang
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top