Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Industri Alat Berat Antisipasi Dampak Kebijakan Mandatori B30

Kebijakan itu sedikit mengerek biaya produk alat berat.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 10 Januari 2020  |  10:37 WIB
ilustrasi. - Bisnis/Nurul Hidayat
ilustrasi. - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Himpunan Industri Alat Berat Indonesia menyatakan rencana pemerintah untuk merealisasikan kebijakan mandatori B30 pada 2020 bakal berdampak pada industri alat berat.

Ketua Hinabi Jamaluddin mengatakan sejauh ini industri alat berat sudah menjalankan kebijakan strategis pemerintah itu mulai dari B20 dan juga B30. Menurutnya, kebijakan tersebut berdampak baik pada produksi maupun pemanfaatan alat berat.

"Kami sudah menjalankan kebijakan itu. Dampak pasti ada," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (9/1/2020).

Jamaluddin menjelaskan kebijakan itu sedikit mengerek biaya produk alat berat. Pasalnya, kebijakan itu mendorong implementasi teknologi baru dalam produk alat berat.

Di sisi lain, jelasnya, kebijakan tersebut juga meningkatan biaya operasional pada pemanfaatan alat berat.

"Yang jelas interval penggatian fuel filter menjadi lebih cepat. Namun, namanya kebijakan kan kita harus ikut," katanya.

Terpisah, Ketua Umum Perhimpunan Agen Tunggal Alat Berat Indonesia (PAABI) Adrianus Hadiwinata juga mengakui bahwa kebijakan tersebut akan mendorong pemasaran alat berat. Menurutnya, pemanfaatan biodiesel yang bersumber dari sawit akan mengerek permintaan komoditas tersebut. Dengan begitu permintaan akan alat berat masih akan terjaga.

"Kalau industri kelapa sawit kita sustainable secara umum harusnya bagus untuk industri alat berat. Terutama untuk lahan-lahan luas yang memerlukan mekanisasi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alat berat
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top