Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Mulai Salurkan B30 dari Terminal BBM Balongan

PT Pertamina (Persero) Integrated Terminal Balongan melakukan penyaluran perdana Biosolar B30 menggunakan mobil tangki berkapasitas 8 kiloliter (kl) ke SPBU 3445151 di Jalan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (1/1/2020).
Terminal BBM Balongan./Dok. Pertamina
Terminal BBM Balongan./Dok. Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) Integrated Terminal Balongan melakukan penyaluran perdana Biosolar B30 menggunakan mobil tangki berkapasitas 8 kiloliter (kl) ke SPBU 3445151 di Jalan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (1/1/2020).

Biosolar merupakan bahan bakar solar/diesel yang telah mendapat campuran bahan bakar nabati FAME (fatty acid methyl ester) sesuai dengan arahan pemerintah terkait target bauran energi (energy mix).

Program B30 sudah diresmikan penerapannya oleh Presiden Joko Widodo di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) COCO  3112802 di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, pada Senin, 23 Desember 2019. Pada peresmian tersebut, pemerintah menetapkan komposisi FAME dari B20 menjadi B30. 

Sesuai Keputusan Menteri ESDM No, 227 Tahun 2019, kebijakan B30 pada sektor transportasi berlaku pada produk solar subsidi, yakni Biosolar serta nonsubsidi berupa Dexlite.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami menerangkan Integrated Terminal Balongan memperoleh pasokan solar dari Kilang Pertamina Balongan (Refinery Unit VI). Adapun pencampuran FAME dengan solar dilakukan di new gantry system (NGS) dengan metode inline blending

Integrated Terminal Balongan kemudian mendistribusikan Biosolar yang telah memiliki kandungan B30 ini ke SPBU-SPBU di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. 

"Pasokan FAME dari kelapa sawit kami peroleh dari Darmex Biofuels yang merupakan badan usaha dalam negeri. Pemanfaatan FAME ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi impor minyak," tutur Dewi melalui keterangan resmi, Jumat (3/1/2020). 

Lebih jauh, dia mengungkapkan kandungan FAME tidak memiliki dampak negatif bagi mesin kendaraan konsumen. Perubahan konfigurasi bahan bakar telah disosialisasikan oleh pemerintah dan badan usaha terkait ke produsen kendaraan, agen tunggal pemegang merek (ATPM), serta berbagai asosiasi kendaraan.

 "Pengguna kendaraan berbahan diesel dapat menggunakan bahan bakar B30 dengan nyaman. Dengan komponen B30, tarikan mesin tetap terjaga, BBM juga baik kualitasnya dan ramah lingkungan, serta turut berkontribusi dalam menjaga devisa negara," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard
Editor : Lucky Leonard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper