Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangkit Biogas PTPN II Mulai Suplai Listrik ke PLN Sumut

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara Holding PTPN III (Persero) bakal mulai memasok energi listrik ke sistem jaringan PT PLN (Persero) wilayah Sumatra Utara pada tahun ini. Pasokan listrik tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Kwala Sawit dan PLTBg Pagar Merbau milik PTPN II.
Sebuah truk melewati jalan penuh lumpur di Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, Rabu (11/1/2017)./ANTARA FOTO-Budi Candra Setya
Sebuah truk melewati jalan penuh lumpur di Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, Rabu (11/1/2017)./ANTARA FOTO-Budi Candra Setya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara Holding PTPN III (Persero) bakal mulai memasok energi listrik ke sistem jaringan PT PLN (Persero) wilayah Sumatra Utara pada tahun ini. Pasokan listrik tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Kwala Sawit dan PLTBg Pagar Merbau milik PTPN II.

Sekretaris Perusahaan PT Perkebunan Nusantara Holding PTPN III Irwan Perangin-angin menjelaskan bahwa penjualan listrik ke PLN melalui skema Independent Power Produce (IPP) yang bersumber dari energi baru terbarukan berupa pemanfaatan Palm Oil Mill Effluent (POME) yang bersumber dari limbah cair pabrik kelapa sawit (PKS) menjadi energi listrik.

Adapun, dalam mengoperasikan kedua pembangkit PLTBg tersebut telah dilakukan kerja sama operasional dan maintenance (O&M) dengan anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni PT Pertamina Power Indonesia (PPI).

“Hal ini merupakan bentuk sinergitas antara BUMN dan kerja sama ini bisa menguntungkan dan bermanfaat kedua belah pihak,” kata Irwan dalam siaran pers yang diterima Kamis (2/1/2020).

Manager PLT Bio Gas PTPN II Dedy Gurning dalam keterangannya menambahkan bahwa pengembangan energi alternatif biogas yang dilakukan PTPN II merupakan salah satu program untuk mendorong ketahanan energi dalam peningkatan pasokan listrik.

“Pengembangan energi alternatif di luar panas bumi yaitu energi terbarukan berbasis POME yang berasal dari limbah cair PKS. Potensi energi listrik yang dihasilkan dari POME untuk pabrik dengan kapasitas olah 30 ton TBS per jam setara dengan satu Mega Watt listrik yang dapat dibangkitkan per jam,” jelasnya.

Dia mengemukakan bahwa proses pengolahan di PKS menghasilkan limbah cair di mana senyawa limbah cair kelapa sawit (POME) mengandung unsur gas metana (CH4). Di samping pemanfaatan POME untuk energi listrik, dia menilai pembangunan PLTBg dapat menepis isu dampak lingkungan yang disebut dihasilkan dari proses pembuangan metana ke udara terbuka.

Gas metana yang terbuang ke udara tersebut, lanjutnya, seharusnya dapat ditangkap dan dijadikan bahan bakar utama mesin pembangkit listrik (genset). Selain itu, dapat juga digunakan sebagai bahan pembakaran gas pada steam boiler di PKS.

PTPN II tercatat memiliki dua unit PLTBg berdasarkan surat penunjukan bahwa PTPN II sebagai tempat rencana lokasi proyek PLTBg oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Surat dengan nomor 49/04/DEB.01/2014 tanggal 10 Februari 2014 di PKS Pagar Merbau dan nomor 50/04/DEB.01/2014 tanggal 12 Mei 2014 di PKS Kwala Sawit.

Kedua PLTBg tersebut juga telah  melalui tahap uji layak operasi (Realibility Run Test) dan telah diterbitkan sertifikat laik operasi (SLO) yang terakreditasi pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Selain itu, PLN juga telah menerbitkan Berita Acara Commercial off Date (COD) PLTBg Kwala Sawit dan PLTBg Pagar Merbau pada 27 Desember 2019 lalu. Dengan diterbitkannya Berita Acara COD tersebut, kedua PLTBg dapat beroperasi penuh untuk mensuplai energi listrik dan dapat melakukan transaksi penjualan listrik ke PLN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper