Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Percepat Produksi, Pertamina EP Rantau Field Tajak Sumur KSB A-11

PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero), menjalankan strategi pemboran sumur-sumur untuk meningkatkan percepatan produksi guna mencapai target yang telah ditetapkan.
PT Pertamina EP Rantau Field Tajak Sumur KSB A-11./Dok. Pertamina EP
PT Pertamina EP Rantau Field Tajak Sumur KSB A-11./Dok. Pertamina EP

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero), menjalankan strategi pemboran sumur-sumur untuk meningkatkan percepatan produksi guna mencapai target yang telah ditetapkan.

Salah satunya dilaksanakan oleh PEP Asset 1 Rantau Field di penghujung 2019. Rantau Field melaksanakan pemboran sumur baru KSB A-11 yang berada di struktur Kualasimpang Barat, Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang. 

Direktur Operasi dan Produksi PT Pertamina EP Chalid Said Salim bersama dengan General Manager Asset 1 Rizal Risnul Wathan hadir langsung dalam kegiatan peninjauan lokasi pemboran tersebut, Senin (30/12/2019). Hadir juga dalam tajak sumur antara lain Tito Hafiz dari SKK Migas Sumbagut dan Edy Kurniawan selaku Kadiv Produksi BPMA.  

Sebelumnya, di struktur yang sama, lokasi sumur KSB-59 (KSB A-10) menyumbang 44 barel minyak per hari (bopd) pada total produksi Rantau Field tahun ini.

Sumur KSB A-11 ini merupakan salah satu program percepatan peningkatan produksi Rantau Field. Sumur tersebut masuk ke rencana kerja 2020 yang kini dikerjakan di penghujung 2019. Dengan kedalaman kurang lebih 1.317 meter, sumur KSB A-11 diharapkan dapat berkontribusi sebanyak 200 bopd untuk produksi Rantau. 

“Dapat kami laporkan per hari ini untuk produksi year to date lapangan Rantau sudah mencapai angka 2.940 bopd atau sebesar 105,3% dari target produksi yang ditetapkan di awal tahun sebesar 2.810 bopd,” tutur Totok Parafianto, Rantau Field Manager, melalui keterangan resmi, Selasa (31/12/2019).

Totok menerangkan setidaknya ada tiga sumur percepatan 2020 yang dikerjakan sepanjang 2019 dengan total pengeboran di 2020 sebanyak 11 sumur. “Karena itu, dukungan dari seluruh pihak dalam kelancaran operasional perusahaan akan sangat dibutuhkan,” terangnya.

Direktur Operasi dan Produksi Chalid Said Salim menyampaikan apresiasinya terhadap jalinan hubungan baik antara PEP Rantau Field dan pemangku kepentingan 

“Saya selalu merasa antusias ketika berkunjung ke lapangan Rantau karena antara perusahaan dan Forkopimda mampu bersinergi bersama memberikan dukungan baik materiil maupun nonmateriil untuk percepatan peningkatan ketahanan energi nasional. Kami harap harmonisasi hubungan ini dapat terus kita jaga bersama hingga kedepan,” katanya.  

Acara syukuran tajak ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafudin, Sekda Aceh Tamiang Bayarudin, Dandim 0117 Decky Rayushah Putra, Kapolres Aceh Tamiang Zulhir Destrian, Ketua DPRK Aceh Tamiang Supriyanto, dan Kajari Aceh Tamiang Irwinsyah. 

Selain menyambangi Rantau Field, rombongan juga akan mengunjungi Pangkalan Susu Field untuk proses lifting akhir tahun sekaligus rekapitulasi produksi Asset 1 keseluruhan. 

Diperkirakan lifting akhir 2019 Asset 1 mencapai angka 13.888 bopd atau 103% dari target, sedangkan untuk gas mencapai angka 97,48 MMscfd atau 110% dari target 88,82 MMscfd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper