Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PII Jamin Proyek KPBU Bandara Komodo

Direktur Utama PII M. Wahid Sutopo mengatakan proyek ini merupakan yang pertama menggunakan skema KPBU dan bekerja sama dengan investor asing. Diharapkan bisa menjadi percontohan untuk proyek bandara lainnya.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 28 Desember 2019  |  19:31 WIB
Bandara Komodo - Antara
Bandara Komodo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menunjuk PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PII sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam pelaksanaan proses penjaminan untuk proyek KPBU Bandara Komodo-Labuan Bajo.

Direktur Utama PII M. Wahid Sutopo mengatakan proyek ini merupakan yang pertama menggunakan skema KPBU dan bekerja sama dengan investor asing. Diharapkan bisa menjadi percontohan untuk proyek bandara lainnya.

“Kami merupakan salah satu SMV Kemenkeu yang memiliki mandat sebagai penyedia penjaminan pemerintah skema KPBU. Pernyataan kesediaan penjaminan [in principle approval/IPA] telah diterbitkan November 2019,” kata Wahid dalam siaran pers, Sabtu (28/12/2019).

Dia menjelaskan penjaminan dapat meningkatkan kelayakan dan kenyamanan investasi bagi investor dan perbankan yang membiayai proyek. Proyek Bandara Komodo ini merupakan proyek transportasi kedua yang telah didukung dengan penyediaan penjaminan pemerintah.

Sampai dengan November 2019, PII mendukung Kementerian Perhubungan untuk penyiapan proyek melalui penugasan Project Development Facility (PDF) Kemenkeu untuk proyek Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi dan Kereta Api Makassar-Parepare.

Selain itu, pihaknya juga sedang dalam proses pengembangan dan penyiapan penjaminan untuk beberapa proyek infrastruktur transportasi prioritas seperti Bandara Singkawang Kalimantan Barat dan Pelabuhan Baubau Sulawesi Tenggara.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

PII telah menyediakan penjaminan untuk pinjaman BUMN kepada lembaga keuangan internasional serta berperan dalam membantu penyiapan proyek dan pendampingan transaksi (Project Development Facility) pada lima infrastruktur skema KPBU pada sektor kesehatan, jalan, dan transportasi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut partisipasi investor swasta ke depan khususnya di sektor infrastruktur transportasi akan terus didorong meringankan beban APBN dengan terus memberikan dampak yang baik bagi pelayanan transportasi publik.

“Dukungan kami dalam proyek KPBU Bandara Komodo adalah melalui penyediaan penjaminan pemerintah melalui PII, dan melalui mekanisme pemanfaatan aset melalui skema kerja sama penyediaan infrastruktur,” kata Sri.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pii komodo
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top