Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Relaksasi Kebijakan Makroprudensial Masih Terbuka

Bank Indonesia diproyeksikan menahan suku bunga acuan pada Desember 2019, namun ada peluang menggunakan relaksasi kebijakan makroprudensial untuk mendorong kinerja sektor perbankan.
Logo Bank Indonesia terlihat di kantor pusat Bank Indonesia di Jakarta, 17 Januari 2019./ REUTERS-Willy Kurniawan
Logo Bank Indonesia terlihat di kantor pusat Bank Indonesia di Jakarta, 17 Januari 2019./ REUTERS-Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia diproyeksikan menahan suku bunga acuan pada Desember 2019, namun ada peluang menggunakan relaksasi kebijakan makroprudensial untuk mendorong kinerja sektor perbankan.

Ekonom PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Fikri C. Permana menyatakan Bank Indonesia akan menahan godaan memangkas suku bunga acuan atau BI 7 Days Repo Rate (BI7DRR). Ada beberapa pertimbangan menurut Fikri yang membuat Bank Indonesia akan menahan BI7DRR.

Pertama, pekan lalu The Fed sudah menahan suku bunga dan memberi sinyal kemungkinan akan ada kenaikan pada tahun depan, seiring tingkat pengangguran yang relatif rendah di Amerika Serikat.

Pertimbangan kedua, rupiah juga masih stabil dan cenderung terapresiasi menjelang akhir tahun. Ketiga, Credit Default Swap (CDS) dan yield Surat Utang Negara (SUN) jangka pendek, yaitu satu tahun masih berada pada level yang rendah, bahkan terendah setidaknya dalam 5 tahun terakhir.

“Namun ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan ke depannya oleh Bank Indonesia. Misalnya besarnya defisit neraca dagang bulan November yang diiringi potensi pelebaran defisit transaksi berjalan,” ujar Fikri kepada Bisnis, Rabu (18/12/2019).

Dia menilai, risiko lain yang mengintai adalah shortfall pajak dan deficit primary balance atau defisit keseimbangan primer yang diperkirakan lebih tinggi dibandingkan APBN 2019. Risiko lainnya, suku bunga kredit dan penyaluran kredit masih belum sesuai harapan.

“Karenanya masih diperlukan relaksasi sektor perbankan, melalui pemberian kebijakan akomodatif lain baik melalui penurunan Lending Facility Rate atau Giro Wajib Minimum,” sambungnya.

Fikri memerinci, masih ada masalah pada sumber dana dan risiko perbankan saat ini. Tingginya risiko itu menunjukkan kinerja perbankan yang masih kurang efisien.

Adapun keterbatasan sumber dana khususnya Dana Pihak Ketiga (DPK) masih bertumpu pada dana mahal sejenis deposito. Selain itu, risiko penyaluran kredit dengan non performing loan (NPL) masih berada di rentang 2,5 persen. Sebagai contoh, berdasarkan data yang dihimpun Bisnis.com, NPL untuk industri pengolahan tercatat 3,65 persen, perdagangan sebesar 3,86 persen, dan konstruksi sebesar 3,55 persen.

“Sehingga secara rata-rata, net interest margin perbankan pun belum bisa ditekan ke bawah nilai 4 persen,” ujarnya.

Selain itu, biaya operasional perbankan Indonesia menurut Fikri juga masih cukup mahal. Pasalnya, karena keterbutuhan pada infrastruktur, pegawai, dan faktor penunjang lain yang belum mencapai nilai maksimum efisiensi.

Ekonom UOB Indonesia, Enrico Tanuwidjaja menambahkan, prediksi Bank Indonesia kembali menahan suku bunga ini tak lepas dari pernyataan The Fed tidak akan mengubah kebijakan moneter sepanjang 2020, dan berpeluang kembali naik pada 2021. Pertimbangan lain karena inflasi pada 2020 diprediksi naik pada kisaran 2,5 persen sampai 4,5 persen dan rupiah juga masih akan mengalami depresiasi terukur tahun depan.

“Maka meski akan kesempatan dan ruang gerak bagi Bank Indonesia menurunkan Bi rate, tapi itu cenderung terbatas. Kami prediksikan BI baru akan memangkas suku bunga lagi pada kuartal I/2020,” ujar Enrico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper