Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sah! Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Kalimantan

Pembangunan tol ini diharapkan dapat menghasilan kecepatan dan efisiensi. Dengan jalan tol, Balikpapan-Samarinda dapat ditempuh dalam waktu 1 jam atau 1,5 jam.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  14:26 WIB
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. - PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. - PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan yaitu jalan tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Semboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Jalan tol Balikpapan-Samarinda yang telah selesai terdiri dari seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 58,7 kilometer. Seksi 1 dan 5 belum selesai dan diharapkan akan selesai pada 2020. Total panjang jalan tol ini 99,3 kilometer.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan dirinya telah menanyakan penyelesaian dua seksi jalan tol tersebut kepada Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani.

"Ini akan diselesaikan nanti Insyaallah April 2020," kata Jokowi.

Pembangunan tol ini diharapkan dapat menghasilan kecepatan dan efisiensi. Dengan jalan tol, Balikpapan-Samarinda dapat ditempuh dalam waktu 1 jam atau 1,5 jam. Sebelum ada jalan tol, waktu tempuh dua kota itu mencapai 3 jam.

Jokowi mengatakan jalan tol ini akan memperlancar konektivitas Samarinda-Balikpapan dan menciptakan ketersambungan. Di samping itu, Jokowi menyatakan jalan tol ini akan mendorong kawasan produksi seperti industri kelapa sawit, batubara, gas dan pertanian.

Selain itu, Jokowi menyatakan jalan tol ini akan mempercepat akses ke wilayah kawasan ibu kota negara. Jokowi minta jalan menuju ibukota baru dari Balikpapan dan Samarinda dapat tersambung pada 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol kaltim kalimantan
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top