Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Siap Bantu Nelayan Punya Rumah Layak Huni

Kementerian PUPR siap membantu para nelayan Indonesia untuk memiliki rumah yang layak huni. 
Warga beraktivitas di perkampungan nelayan/ANTARA-Aprillio Akbar
Warga beraktivitas di perkampungan nelayan/ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membantu para nelayan Indonesia untuk memiliki rumah yang layak huni. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa hal itu dikarenakan Indonesia adalah negara maritim sehingga kawasan permukiman nelayan perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah sekaligus menciptakan lapangan kerja.

"Laut adalah masa depan negara Indonesia sebagai negara maritim. Oleh karena itu nelayan Indonesia harus memiliki rumah yang layak huni," ujar Basuki melalui siaran resmi, Sabtu (14/12).

Basuki menjelaskan, pembangunan rumah nelayan yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu wujud nyata kehadiran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Adanya perumahan nelayan yang tertata dengan baik diharapkan dapat membuat para nelayan lebih fokus dalam mencari ikan di laut serta menciptakan generasi muda Indonesia yang berdaya saing.

"Pembangunan rumah nelayan ini sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk mensejahterakan nelayan Indonesia. PUPR ditugasi untuk membangun dan saat ini proses pembangunannya sudah selesai dan telah dihuni oleh nelayan dan keluarganya," jelasnya.

Basuki menyebutkan bahwa program pembangunan dan perbaikan kawasan nelayan telah dilaksanakan di sejumlah wilayah pesisir di Indonesia seperti di Kalimantan Barat, Pontianak, Tegal, Tambak Lorok Semarang.

Adanya kawasan nelayan yang ditingkatkan infrastrukturnya seperti hunian, sanitasi dan air bersih.

Basuki mengatakan, harapannya pengembangan rumah nelayan itu dapat meningkatkan ekonomi para nelayan tersebut.

"Kita akan keroyok pembangunan kawasan nelayan mulai dari hunian, sanitasi, air bersih serta meningkatkan ekonomi keluarga nelayan. Ini dilakukan Kementerian PUPR bekerjasama dengan kementerian terkait lainnya seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan melibatkan nelayan itu sendiri," lanjut Basuki.

Sementara itu, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menyatakan, Kementerian PUPR sudah terus memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara 2019 yang di pusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat. 

Salah satu bentuk dukungannya adalah penyaluran bantuan rumah khusus (Rusus) untuk para nelayan dan melakukan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 1.000 unit rumah.

Pembangunan rumah khusus nelayan, kata Khalawi, dilaksanakan oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan sebanyak 50 unit pada 2017 lalu.

Perumahan nelayan yang dibangun dengan teknologi Risha (rumah instam sederhana sehat) dan dicat dengan warna biru serta dibangun di Negari Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. 

"Rumah nelayan yang kami bangun merupakan tipe 36 dan menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat yang tahan gempa. Saat ini rumah nelayan tersebut semuanya telah terhuni," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper