Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bandara Soekarno-Hatta Jadi Role Model Transformasi Digital

Transformasi digital yang dilakukan salah satunya adalah Airport Operation Control Center (AOCC) untuk koordinasi seluruh stakeholder penerbangan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  15:27 WIB
Sejumlah penumpang pesawat melakukan lapor diri di konter chek in Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal
Sejumlah penumpang pesawat melakukan lapor diri di konter chek in Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero), ditetapkan sebagai model percontohan transformasi digital bandara nasional.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengapresiasi terobosan yang dilakukan PT Angkasa Pura II dalam mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai yang terbesar di Indonesia dan salah satu tersibuk di dunia pada 2018.

“Terutama atas transformasi melalui digitalisasi pelayanan dan keamanan industri penerbangan, semua hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang sangat cepat di dunia saat ini,” kata Polana, Rabu (11/12/2019).

Bandara berkode CGK tersebut diharapkan dapat menjadi role model bagi bandara lain dalam melakukan digitalisasi. Terlebih, saat ini dunia telah menghadapi revolusi industri 4.0, merupakan konsep automisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya.

Hal tersebut, katanya, memicu efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Salah satu bandara yang sudah mengadopsi revolusi industri 4.0 adalah Bandara Soekarno-Hatta, khususnya digital layanan terhadap pelayanan dan keamanan bagi para penumpang dan pengguna lain.

Transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional antara lain, Airport Operation Control Center (AOCC) untuk koordinasi seluruh stakeholder penerbangan; Terminal Operation Center (TOC) untuk memantau unit operasional, keamanan, dan pelayanan berjalan dengan baik; serta Self Boarding Gate untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan waktu terbang (on time performance/OTP) maskapai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta Revolusi Industri 4.0
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top