Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Terima Usulan 71 Proyek PSN selama Semester II

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah menerima usulan 71 Proyek Strategis Nasional (PSN) sepanjang Juni-Desember 2019.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah menerima usulan 71 Proyek Strategis Nasional (PSN) sepanjang Juni-Desember 2019.

Pernyataan itu disampaikan oleh Airlangga dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/12/2019) seusai rapat terbatas membahas program akselerasi program infrastruktur.

Airlangga mengatakan usulan itu berasal dari Kementerian, pemerintah daerah, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta. "Presiden mengatakan minta (PSN) itu dilanjutkan," kata Airlangga yang juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar.

Menurutnya, proyek yang diusulkan itu berupa proyek jalan, jembatan, bandar udara, pelabuhan, pasar, transportasi, pengolahan sampah dan limbah, kawasan industri, smelter, kereta api, transit oriented development (TOD), pusat logistik, pengendali banjir, kanal, bendungan, penanganan sungai dan pantai, peningkatan kualitas udara dan sebagainya.

Sampai Desember 2019, Airlangga mengatakan jumlah PSN yang telah diselesaikan mencapai 88 proyek dengan nilai investasi sekitar Rp421 triliun. Proyek yang selesai itu antara lain proyek jalan, bandara, jalan, smelter, bendungan, teknologi informasi, pelabuhan dan sebagainya.

Airlangga memperkirakan 144 PSN dengan nilai sekitar Rp815 triliun akan selesai pada kuartal IV/2020. Airlangga mengatakan 30 proyek itu sekarang dalam tahap konstruksi dan proyek-proyek lainnya dalam tahap financial closing, persiapan dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper