Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menko Luhut Minta INSA Tak Alergi Investasi Asing

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyatakan Indonesian National Shipowner Association (INSA) harus profesional.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  18:37 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi meminta para pengusaha pelayaran yang tergabung dalam INSA tidak alergi terhadap investasi asing.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyatakan Indonesian National Shipowner Association (INSA) harus profesional.

“Saya kira INSA ini adalah ujung tombak dari cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia, jadi kita harus betul-betul profesional,” ujarnya dalam Rapat Umum Anggota INSA ke XVII, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dia memberikan tanggapan atas pertanyaan Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto terkait dengan investasi asing di industri pelayaran.

Luhut meminta INSA memberikan timbal balik terkait dengan berbagai aturan yang berlaku saat ini. "Kalau memang masuk akal kenapa tidak, soal investasi juga jangan memikirkan diri sendiri sebab kita juga bagian dari masyarakat internasional, yang jelas national interest di atas segalanya,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta INSA agar bisa duduk bersama dengan pemerintah untuk menyelesaikan segala permasalahan terutama terkait dengan regulasi.

“Terkait regulasi, kami juga membuka diri untuk dapat kita selesaikan bersama, yaitu peraturan-peraturan yang dikatakan kurang kondusif, akan kita selesaikan dengan baik," kata Budi.

Budi Karya menyatakan program Tol laut sedang dirancang untuk melibatkan kerja sama antara BUMN dan swasta. "Kita juga akan upayakan untuk menggunakan IT,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

insa Budi Karya Sumadi Luhut Pandjaitan
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top