Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masyarakat Didorong Beli Tiket Kapal Secara Online

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian tiket kapal secara online.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 08 Desember 2019  |  01:53 WIB
Ilustrasi Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali. - Bisnis/Reni Lestari
Ilustrasi Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali. - Bisnis/Reni Lestari

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian tiket kapal secara online.

Hal ini penting dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang yang bisa terjadi pada musim liburan serta memitigasi praktik percaloan tiket.

"Pemerintah juga mendorong setiap perusahaan pelayaran sudah melakukan penjualan tiket secara online sehingga lonjakan dan penumpukan penumpang dapat diantisipasi serta menghindari percaloan," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Wisnu Handoko di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Untuk itu, diperlukan komitmen dari seluruh elemen dan stakeholder pelayaran yakni perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan untuk memastikan penjualan tiket berbasis elektronik dapat berjalan maksimal.

Wisnu pun berpesan kepada penumpang transportasi laut pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020 untuk tidak tiket melalui calo dan memanfaatkan sistem tiket online yang sudah dikembangkan tersebut.

Dia juga mengimbau kepada pengguna jasa kapal RoRo yang mengangkut kendaraan agar selama pelayaran memastikan penumpang berada di kabin atau ruang penumpang.

"Kendaraan pengangkut barang agar memastikan bahwa dimensi dan berat kendaraan dan barang tidak melebihi ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan dan diberlakukan," kata Wisnu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pelayaran
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top