KABAR PASAR 3 DESEMBER: Benah-Benah Pelat Merah, Bank Asing Tetap Optimistis

Berita mengenai perombakan BUMN dan optimisme kalangan perbankan asing di Tanah Air, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (3/12/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 03 Desember 2019  |  09:09 WIB
KABAR PASAR 3 DESEMBER: Benah-Benah Pelat Merah, Bank Asing Tetap Optimistis
HL Bisnis Indonesia 3 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai perombakan BUMN dan optimisme kalangan perbankan asing di Tanah Air, di antaranya, menjadi sorotan  harian Bisnis Indonesia, Selasa (3/12/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Benah-Benah Pelat Merah. Setelah merombak nakhoda di sejumlah perusahaan pelat merah, Menteri BUMN Erick Thohir akan menata entitas BUMN. Sejumlah aturan main bakal disiapkan untuk memuluskan rencana perombakan dan penyegaran di tubuh BUMN.

Pendapatan Nonbunga Digenjot. Pertumbuhan pendapatan nonbunga (fee based income/FBI) industri perbankan kian mekar hingga kuartal III/2019, yang menandakan makin efektifnya diferensiasi layanan bank untuk meraih laba.

Sinyal Perlambatan Konsumsi. Rendahnya inflasi pada November 2019 dan data Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur yang kurang positif mengindikasikan adanya perlambatan konsumsi masyarakat menjelang akhir tahun ini.

Investor Pindahkan Dana. Mayoritas investor mulai menarik dananya dari pasar negara berkembang menyusul terjadinya aksi demonstrasi berujung kerusuhan yang mengguncang ekonomi. Negara-negara yang mulai ditinggalkan investor di antaranya Hong Kong, Cile, Bolivia, Ekuador, dan Lebanon.

Indeks Harga Komoditas Tergelincir. Indeks harga komoditas ekspor Indonesia berada dalam tekanan sepanjang 2019 dan terkontraksi cukup dalam seiring dengan pelemahan ekonomi global akibat sengketa perdagangan AS-China yang berlarut-larut dan menekan harga komoditas

Tarif ZAMP Tunggu Regulasi Mendagri. Sejumlah perusahaan daerah air minum kini sudah melayani pelanggan Zona Air Minum Prima (ZAMP). Sayangnya tarif air layak minum tersebut masih disamakan dengan tarif pelanggan biasa, karena ketiadaan regulasi.

Alas Kaki Melompat Tertinggi. Sepanjang Januari—Oktober 2019 ekspor produk alas kaki di Jawa Tengah bertumbuh 39,55%, tertinggi di antara golongan barang lainnya. Hal ini terjadi seiring dengan peningkatan Penanaman Modal Asing (PMA) di sektor tersebut.

Indonesia Bukan Tempat Kotoranmu! Indonesia Bukan Tempat Sampah Dunia, begitu judul petisi di laman Change.org yang viral melalui pesan elektronik, belum lama ini. Inisiator mengumpulkan dukungan masyarakat bahwa pengiriman sampah global ke wilayah Indonesia adalah tindakan keji yang mengusik kedaulatan.

Presiden Gerah Isu Amendemen. Wacana yang digulirkan MPR/DPR dan sejumlah partai politik terkait dengan amendemen Undang-Undang Dasar 1945, khususnya mengenai masa jabatan presiden dan wakil presiden membuat gerah Presiden Joko Widodo.

Bank Asing Tetap Optimistis. Kalangan perbankan asing di Tanah Air mengalami tantangan yang cukup serius sepanjang tahun ini akibat kondisi ekonomi yang belum begitu stabil. Kendati begitu, sejumlah bank tetap optimis sembari mematok target yang lebih moderat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bumn, perbankan

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top