Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KPBU Belum Optimal, Kepala Daerah Harus Kreatif dan Inovatif

Masih kurangnya pengetahuan atau kapabilitas sumber daya manusia terkait dengan KPBU diyakini masih menjadi kendala yang kerap terjadi di lapangan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 November 2019  |  04:15 WIB
Proyek pembangunan jalan - JIBI/Rahmatullah
Proyek pembangunan jalan - JIBI/Rahmatullah

Bisnis.com, JAKARTA — Para gubernur dan bupati diharapkan lebih jeli dan kreatif dalam berinovasi terhadap potensi pengembangan infrastruktur di daerahnya masing-masing, terutama dalam pemanfaatan skema pembiayaan melalui kerja sama pemerintah dengan badan usaha.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo mengatakan bahwa kementeriannya dan lembaga terkait siap membantu apabila terjadi kendala dalam pelaksanaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"Kadang kepala daerah ada yang inovatif, ada juga yang kurang. Kita harus bersinergi. Kalau mereka belum tau cara [memanfaatkan] KPBU, kita bisa sharing informasi," ujarnya usai hadir dalam acara Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Selasa (26/11/2019).

Masih kurangnya pengetahuan atau kapabilitas sumber daya manusia terkait dengan KPBU diyakini masih menjadi kendala yang kerap terjadi di lapangan.

Selain KPBU, John juga menekankan kreativitas para pemimpin daerah dalam mencari sumber pendanaan lain di luar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Seperti yang dikatakan Gubernur Jawa Bawat [Ridwan Kamil], KPBU ini tergantung inovasi kepala daerah saja. Kita bisa memanfaatkan beberapa cara [untuk mendanai pembangunan infrastruktur]," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan proyek daerah KPBU
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top