Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPI : Dukungan Finansial Elemen Penting bagi Industri Perfilman

Faktor dukungan finansial menjadi salah satu elemen penting bagi perkembangan industri dan ekosistem perfilman dalam negeri.
Seminar hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, Rabu (27/11)
Seminar hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, Rabu (27/11)

Bisnis.com, JAKARTA – Faktor dukungan finansial menjadi salah satu elemen penting bagi perkembangan industri dan ekosistem perfilman dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko dalam seminar bertajuk Hasil Penelitian Tata Kelola Dana Perwalian Perfilman dan Implementasi Insentif Pajak Film yang Berdaya Saing dan Inklusif di Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

“Film itu kan utamanya adalah aktivitas kreatif dan inovatifnya. Finansial jadi enabler supaya bisa lebih berkembang ekosistemnya dan semakin kompetifif,” katanya, Rabu (27/11/2019).

Dia menyatakan bahwa industri perfilman memang belum menyumbangkan penerimaan pajak yang signifikan, tetapi sebuah karya film memiliki dampak yang besar dan berkelanjutan di sektor ekonomi, budaya, sosial, dan politik.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah masih perlu mendorong ekosistem ini dalam hal finansial, termasuk pengenaan dan pengelolaan pajak perfilman hingga mencari sumber pendanaan lain yang bisa digunakan.

Misalnya, penelitian yang dilakukan LIPI dan Badan Ekonomi Kreatif, menyarankan diadakannya dana perwalian khusus untuk perfilman.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Nika Pranata menjabarkan beberapa alasan kenapa diperlukannya dana abadi untuk perfliman, di luar dana abadi yang telah dicanangkan untuk pemajuan budaya.

Pertama, terbatasnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia perfilman di Indonesia. Kedua, terbatasnya akses masyarakat terhadap film. Ketiga, terbatasnya pendanaan untuk produksi film.

Keempat, rendahnya penguasaan dan pengadopsian teknologi perfilman di Indonesia dan kelima rendahnya konektivitas dengan jaringan perfilman internasional.

“Soal insentif pajak sendiri untuk perfilman itu memang sudah ada, cuma memang perlu lebih digencarkan sosialisasinya. Akan tetapi, selain itu juga tetap diperlukan pendanaan lain salah satunya yang bisa dilakukan adalah endowment ini,” katanya.

Riset yang dilakukan LIPI terkait hal ini juga memberikan beberapa rekomendasi, termasuk sumber dari dana abadi secara khusus. Sumber dana yang disarankan adalah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), pungutan pertunjukan bioskop, dan corporate social responsibility (CSR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Syaiful Millah
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper