Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenang Ciputra, Ketua Apindo: Pak Ci Sosok yang Terus Belajar

Rasa duka atas kepergian Ciputra tak hanya menyelimuti keluarganya. Para pengusaha pun turut kehilangan sosok begawan properti itu. 
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 27 November 2019  |  08:50 WIB
Begawan Properti Ciputra - Forbes.com
Begawan Properti Ciputra - Forbes.com

Bisnis.com, JAKARTA - Rasa duka atas kepergian Ciputra tak hanya menyelimuti keluarganya. Para pengusaha pun turut kehilangan sosok begawan properti itu. 

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani menuturkan sosok Ciputra merupakan panutan bagi pelaku usaha di Indonesia. Baginya, beliau adalah sosok pertama yang meletakkan bisnis properti di Indonesia secara profesional.

"Selain itu, Pak Ci ini sosok yang terus belajar. Terutama ilmu manajemen beliau selalu ingin update. Waktu gelombang digitalisasi beliau minta kami untuk prepare menghadapi digitalisasi, terutama terkait dengan bisnis kami di Bisnis Indonesia," katanya kepada Bisnis.com, Rabu (27/11/2019). 

Selain itu, imbuhnya, Ciputra juga dikenal sebagai sosok yang hati-hati dan cermat dalam mengalkulasikan strategi bisnisnya dari berbagai aspek.

"Beliau orang yang punya tanggung jawab, menjalankan usahanya dengan penuh profesional. Itu terlihat saat krisis 1998. Itu kan parah banget, tetapi itu bisa diselesaikan dengan baik. Kita enggak pernah dengar kan grupnya Ciputra 'aneh-aneh' kan? Bikin masalah lah, apa lah. Semua diselesaikan dengan baik dan beliau juga bisa mendidik timnya dan tim manajemennya cukup bagus."

Terakhir, Hariyadi mengatakan bahwa Ciputra adalah seorang yang sangat tinggi kepeduliannya terhadap masalah sosial, kesenian, bahkan mendorong agar wirausahawan di Indonesia makin banyak.

"Dan juga peduli terhadap masalah sosial dan kesenian. Beliau bikin Artpreneur untuk menggabungkan seni dan kewirausahaan."

Chairman dan pendiri Ciputra Group itu meninggal pada Rabu (27/11/2019), pukul 01.05 waktu Singapura. Menurut rencana, Pak Ci akan dimakamkan di Tanah Air. Adapun, jadwal pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenazah tiba di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top