Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asyik, Garuda Beroperasi Penuh di Bandara Baru Yogya Awal 2020

General Manager PT Garuda Indonesia Tbk. Kantor Cabang Yogyakarta Ida Ayu Wayan Sri Gotami menyatakan saat ini, Garuda telah beroperasi di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) setiap hari Jumat dan Minggu.
Tempo.co
Tempo.co - Bisnis.com 21 November 2019  |  10:40 WIB
Penumpang turun dari pesawat Citilink dengan kode QG 132 rute HLP-YIA, usai mendarat pada penerbangan perdana di bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Senin (6/5/2019). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
Penumpang turun dari pesawat Citilink dengan kode QG 132 rute HLP-YIA, usai mendarat pada penerbangan perdana di bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Senin (6/5/2019). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia menargetkan bisa beroperasi penuh melayani rute penerbangan di bandara baru Yogyakarta International Airport mulai awal 2020.

General Manager PT Garuda Indonesia Tbk. Kantor Cabang Yogyakarta Ida Ayu Wayan Sri Gotami menyatakan saat ini, Garuda telah beroperasi di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) setiap hari Jumat dan Minggu, dengan frekuensi satu kali penerbangan setiap harinya.

“Kami sedang koordinasikan adanya extra flight dan diprediksikan bisa beroperasi penuh di YIA akhir Januari 2020,” ujarnya setelah menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta seperti dikutip Tempo, Rabu (20/11/2019).

Saat ini, frekuensi penerbangan Garuda Indonesia di bandara lama Yogyakarta, Bandara Adisutjipto sebanyak 15 kali setiap harinya. Sampai saat ini, tingkat isian penerbangan dari dan menuju Yogyakarta cukup baik yakni sebesar 85 persen.

Untuk merealisasikan target pengoperasian penuh di bandara baru itu, Garuda Yogyakarta telah berkoordinasi dengan para stakeholder juga kantor pusat, untuk mengecek kesiapan fasilitas layanan dan keperluan penerbangan.

Dalam pertemuan dengan Sultan HB X itu, pihak Garuda Indonesia cabang Yogyakarta meminta masukan terkait dengan operasional pesawat setelah bandara YIA beroperasi.

“Kami memohon saran dan masukan-masukan dari Gubernur mengenai langkah ke depan terkait layanan penerbangan di bandara baru,” ujarnya.

Direktur PT Angkasa Pura I Faik Fahmi saat peninjauan di Bandara YIA pada Oktober 2019 meyakini pembangunan bandara itu bisa selesai akhir 2019 dan beroperasi penuh awal 2020.

Bila sudah bisa beroperasi penuh, ujarnya, setidaknya ada 140 penerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang akan dipindah ke YIA. Saat ini, sudah ada 32 izin penerbangan di YIA yang sudah beroperasi sejak Mei 2019.

Pelaksana Tugas General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan setiap hari di bandara YIA ada 26 penerbangan. Maskapai yang sudah melayani di antaranya Lion Air, AirAsia, Citilink, Garuda, dan Batik Air.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garuda indonesia angkasa pura i

Sumber : Tempo

Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top