Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Energi Terbarukan, Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Jerman

Kementerian ESDM melalui (Ditjen EBTKE kembali menyelenggarakan Indonesian-German Renewable Energy Day (RE Day) sebagai perayaan kerja sama Indonesia-Jerman dalam proyek 1.000 Islands—Renewable Energy for Electrification Programme (REEP).
Energi terbarukan/Istimewa
Energi terbarukan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) kembali menyelenggarakan Indonesian-German Renewable Energy Day (RE Day) sebagai perayaan kerja sama Indonesia-Jerman dalam proyek 1.000 Islands—Renewable Energy for Electrification Programme (REEP).

Direktur Jenderal EBTKE F.X. Sutijastoto menyatakan apresiasinya kepada perusahaan-perusahaan yang ikut mengoptimalisasikan penggunaan energi terbarukan. Menurutnya, perlu dukungan investasi dari berbagai pihak untuk mendorong penggunaan energi terbarukan.

“Untuk mencapai target renewable energy  itu, setiap tahun kita butuh investasi sekitar Rp30 triliun. APBN itu hanya berapa triliun, apalagi yang di Kementerian ESDM, hanya Rp7 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers RE Day, Rabu (20/11/2019).

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof mengatakan Jerman sangat mendukung keputusan Indonesia untuk mengembangkan energi terbarukan.

“Yang kami ingin dorong, dari sisi Jerman, adalah bagaimana mendorong penggunaan energi terbarukan dan mengurangi dependensi atau ketergantungan terhadap energi atau bahan bakar fosil,” tuturnya.

Ia juga berharap, Indonesia terus mendukung peranan energi terbarukan, karena sangat bermanfaat. 

“Jerman mendorong Indonesia untuk menerapkan dan mengembangkan energi terbarukan karena akan sangat mendukung pencapaian dengan membantu perekonomian negara ini ke depan dan menghasilkan lapangan kerja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Serafina Ophelia
Editor : Lucky Leonard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper