Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Memiliki Rumah Ala Milenial

Tingkat kenaikan harga rumah di atas kenaikan biaya milenial dalam membayar sewa rumah.
Rumah contoh tipe 36 di BPS Land Kota Palembang./Bisnis-Dinda Wulandari
Rumah contoh tipe 36 di BPS Land Kota Palembang./Bisnis-Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Realti PP Urban Budi Suanda menilai generasi milenial harus membeli rumah dari sekarang. "Kalau tidak beli sekarang, nanti di atas 10 tahun lagi mereka bahkan menyewa rumah saja mereka tidak mampu, karena harga sewa naik jauh," kata Suanda di Jakarta Convention Center, Sabtu (16/11/2019).

Menurut dia, tingkat kenaikan harga rumah di atas kenaikan biaya milenial dalam membayar sewa rumah. "Kalau gaji naik 5 persen, kecuali UMP, tapi sewa rumah itu 7,5 persen per tahun. Sewaktu-waktu pasti akan crossing (butuh tempat hunian yang lebih besar) dia di tahun ke 10," ujar dia.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar generasi milenial mulai mengurangi porsi jalan-jalan atau travelling-nya untuk mulai menabung atau berinvestasi. Dia melihat dari gaji rata-rata milenial, sebenarnya mampu untuk membeli rumah.

"Mulai membatasi pengeluran untuk menabung. Jangan porsi hunian dipakai jalan-jalan juga. Jalan-jalan pakai porsinya disesuaikan," ujarnya.

Setelah cukup untuk membayar down payment, kata dia, milenial perlu memilih hunian dengan melihat developer atau pengembang secara hati-hati. Karena kata dia, saat ini banyak yang tidak membangun atau gagal proyeknya.

Kedua, kata dia, perlu dilihat brand developer atau track record-nya. "Kemudian status sertifikatnya. Kalau kami tanahnya beli, jadi itu HGB (hak guna bangunan) murni bukan tanah pemerintahan, jadi itu bukan sewa jangka panjang, tapi itu hak milik," katanya.

"Kan ada itu yg sewa jangka panjang, itu tanah pemerintah, kalau kami strata," kata Budi.

Hal itu disampaikan Budi dalam pameran perumahan Indonesia Property Expo atau IPEX 2019. Pameran itu menghadirkan sekitar 650 proyek perumahan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pameran itu digelar pada 16 hingga 24 November 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper