Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengapa Kontrak Jalan Tol Padang–Pekanbaru Diubah?

Saat ini, kontrak jalan tol Padang—Pekanbaru yang sudah ditandatangani pada 2017 terdiri atas enam seksi sepanjang 245,80 kilometer.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 11 November 2019  |  06:47 WIB
Foto udara kendaraan pemudik melintasi fly over Kelok Sembilan, di Kabupaten Limapuluhkota, Sumatra Barat, Senin (11/6/2018). Arus mudik ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatra, Sumbar-Riau itu pada H-4 lebaran terpantau lancar. - ANTARA/Iggoy el Fitra
Foto udara kendaraan pemudik melintasi fly over Kelok Sembilan, di Kabupaten Limapuluhkota, Sumatra Barat, Senin (11/6/2018). Arus mudik ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatra, Sumbar-Riau itu pada H-4 lebaran terpantau lancar. - ANTARA/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol bakal mengubah perjanjian pengusahaan jalan tol Padang—Pekanbaru untuk mengerek tingkat kelayakan proyek jalan tol itu.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa pihaknya bakal mengubah perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) menjadi beberapa segmen. Saat ini, PPJT Padang—Pekanbaru yang sudah ditandatangani pada 2017 terdiri atas enam seksi sepanjang 245,80 kilometer. Proyek ini diestimasi menelan biaya investasi Rp78 triliun.

Danang menuturkan bahwa BPJT sudah melakukan pembahasan dengan PT Hutama Karya (Persero) selaku pemegang konsesi dan kalangan lembaga keuangan terkait rencana pengubahan PPJT. Kontrak jalan tol Padang—Pekanbaru akan dipecah sebagaimana jalan tol Palembang—Bengkulu.

Pengusahaan jalan tol tersebut tertuang dalam tiga PPJT berbeda, yaitu Simpang Indralaya—Muara Enim, Muara Enim—Lubuklinggau, dan Lubuklinggau—Bengkulu.

Menurut Danang, ada dua segmen yang paling siap dibuat PPJT tersendiri, yaitu Padang—Sicincin dan Pekanbaru—Pangkalan.

"Kami proses dulu deh yang secara teknis lebih simpel. Dengan begitu, perbankan lebih comfort untuk bisa membiayai," ujarnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Pembangunan jalan tol Padang—Pekanbaru terbilang menantang karena melewati Pegunungan Bukit Barisan. Oleh karena itu, pemegang konsesi perlu membangun terowongan sehingga biaya investasinya terbilang mahal. Lokasi terowongan berada di seksi 3 yang menghubungkan Payakumbuh dengan Pangkalan sejauh 43 kilometer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt jalan tol padang-pekanbaru
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top