Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cerita Semangat Kebaikan Mitra Gojek Inspiratif

Kebaikan ada di mana-mana. Dia bisa muncul sebagai apa saja, di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa aja. Kebaikan selalu memiliki jalannya sendiri.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 02 November 2019  |  19:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kebaikan ada di mana-mana. Dia bisa muncul sebagai apa saja, di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa aja. Kebaikan selalu memiliki jalannya sendiri.

Asrul Hasan, misalnya. Sosok ayah dari tiga orang anak ini merupakan salah satu mitra Gojek yang menerima apresiasi sebagai sosok inspirasi, dalam rangkaian HUT ke-9 Gojek di Jakarta, Sabtu (2/11/2019)

Hasan merupakan orang dengan disabilitas. Dia tuna rungu. Kendati demikian, Hasan tetap menjalani hari-harinya laiknya orang pada umumnya. Dia bekerja dan bersosialisasi. 

Hasan telah menjadi mitra GoSend sejak tahun lalu. Selain itu, sehari-hari dia juga bekerja sebagai dosen bahasa isyarat di Universitas Indonesia. Mencari tambahan uang untuk keluarga menjadi alasan Hasan untuk mejadi mitra GoSend. 

"Awalmya saya ingin menjadi mitra GoSend karena tahu dari rekan saya bahwa Gojek menerima penyandang disabilitas untuk bergabung menjadi mitranya," ungkap Hasan.

Setelah bergabung, Hasan pun masuk ke Komunitas Elite Squad Fighter (ESF), satu komunitas pengantar barang dari kelompok tunarungu yang terdiri dari 50 mitra Gojek. Sebanyak 90 persen di antaranya ialah mitra GoSend, GoRide, dan GoFood. 

Sejak tergabung dalam komunitas itu, Hasan tergerak untuk menjadi pelatih bahasa isyarat di ESF. Hal itu dilakukan Hasan lantaran prihatin ketika melihat teman-temannya ditolak pelanggan atau kesulitan mendapat pelanggan karena keterbatasan yang dialami. 

Kisah lainnya

Sementara itu, Deni Pamungkas, memiliki cara lain untuk mewujudkan kebaikan. Mitra pengemudi GoRide selama empat tahun ini telah memprakarsai Gerakan Besih Ranjau Paku (GBRP) sejak Juli 2016. 

Langkah itu diambil Deni semenjak salah satu teman pengemudinya meninggal karena ban motor yang ditumpangi temannya menginjak paku. Oleh sebab itu, selama tiga tahun belakang, Deni membersihkan paku di jalan menggunakan magnet yang diikat pada tali tambang. 

Berawal dari itu, GBRP melakukan penyisiran sebanyak dua sampai tiga kali di ruas-ruas jalan Jakarta. "Bahkan, untuk di Jalan Gatot Subroto saya bersama teman perlu menyisir empat kali sehari," tutur Deni. 

Hasan dan Deni adalah dua dari sembilan pahlawan inspiratif yang dipilih oleh Gojek. Kebaikan hati mereka sejalan dengan kampanye Gojek, yakni 'Pasti Ada Jalan untuk Menyebarkan Kebaikan'. 

Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek mengatakan bahwa kesembilan mitra itu terpilih karena memiliki kisah inspiratif yang bermanfaat bagi orang banyak. Selain itu, mereka juga menjadi pengingat bahwa kebaikan memiliki jalannya sendiri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gojek transportasi online
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top