Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Ngurah Rai Sambut Penerbangan Langsung Denpasar - Ho Chi Minh

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyambut direct flight maskapai Vietnam Airlines dengan rute Denpasar-Ho Chi Minh dan sebaliknya yang resmi dimulai pada Minggu (27/10/2019).
Pesawat Vietnam Airlines penerbangan langsung dari Ho Chi Minh disambut di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali./Communications PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
Pesawat Vietnam Airlines penerbangan langsung dari Ho Chi Minh disambut di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali./Communications PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Bisnis.com, MANGUPURA — Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyambut baik direct flight maskapai Vietnam Airlines dengan rute Denpasar-Ho Chi Minh dan sebaliknya yang resmi dimulai pada Minggu (27/10/2019).

Co. General Manager Commercial Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Rahmat Adil Indrawan mengatakan dengan rute baru ini dinilai akan memberikan dampak positif bagi kunjungan wisatawan yang datang ke Bali.

"Dengan direct flight bisa menjadi sebuah opportunity positif dalam meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Vietnam, khususnya dalam pariwisata antar dua negara ini," ujarnya usai menghadiri acara Inaugural Flight Ceremony untuk menyambut kedatangan pesawat pertama Ho Chi Minh City-Denpasar di terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pesawat pertama milik maskapai plat merah Vietnam dengan kode penerbangan VN 641 tujuan Ho Chi Minh City-Denpasar mendarat dengan mulus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 16.39 Wita setelah berangkat dari Bandar Udara Internasional Tan Son Nhat pada pukul 11.19 waktu setempat.

Dari data manifest, diketahui bahwa pesawat dengan tipe Airbus A321-200 tersebut mengangkut sebanyak 175 orang penumpang. Penerbangan yang menempuh jarak 2.360 km ini ditempuh selama 3,5 jam mengudara.

Indrawan menyebutkan wisatawan asal Vietnam yang datang ke Bali setiap tahunnya terus meningkat.

Berdasarkan data, pada 2015, tercatat 10.393 wisatawan asal Vietnam datang ke Bali. Jumlah tersebut terus bertumbuh, dengan jumlah kedatangan di masing-masing tahun tercatat sebanyak 12.645 jiwa pada 2016, 17.199 jiwa pada 2017, serta 21.155 wisatawan pada 2018.

"Sementara hingga periode September 2019, wisman Vietnam yang datang ke Bali sebanyak 28.695 orang. Hingga akhir tahun diprediksi jumlah akan terus meningkat karena masih ada 3 bulan lagi," jelasnya.

Dia menambahkan Vietnam Airline merupakan maskapai internasional ke-36 yang melayani rute penerbagan international yang ada di bandara Ngurah Rai Bali setelah Turkish Airline.

Indrawan berharap akan ada maskapai penerbangan dari negara lain untuk membuka akses langsung sehingga bisa membantu peningkatan kunjungan wisatawan ke Bali.

Vietnam Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional milik Vietnam yang melayani rute penerbangan domestik hingga internasional. Perusahaan plat merah milik Vietnam ini sudah kali kedua dalam melayani kebutuhan penerbangan antara Indonesia dan Vietnam dengan sebelumnya melayani rute Jakarta-Ho Chi Minh Vietnam yang dilakukan sejak Desember 2012.

General Manager Vietnam Airlines Branch Indonesia Nguyen Minh Toan mengatakan dalam rute baru ini pihaknya akan menggunakan pesawat jenis Airbus 321 dan News Airbus 321 dengan kode penerbangan VN 640 (Denpasar-Ho Chi Minh City) dan VN 641 (Ho Chi Minh City-Denpasar)

Dia menyebutkan pesawat ini masing-masing memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 240 untuk kelas ekonomi dan sebanyak 16 tempat duduk untuk kelas bisnis.

Menurut dia, dalam memberikan pelayanan maksimal pesawat ini memiliki fasilitas pendukung seperti free bagasi sebanyak 23 kilogram per penumpang dan fasilitas free lunch sekali selama penerbangan.

Minh Toan menuturkan selama pelayanan rute Denpasar-Ho Chi Minh jadwal penerbangan akan dilakukan sekali dalam sehari terkecuali Rabu dan Sabtu.

Untuk pesawat yang dari Bali akan dari I Gusti Ngurah Rai Bali pukul 16.50 Wita dengan kode penerbangan pesawat VN 460. Sementara untuk pesawat dengan nomor penerbangan VN 461 dari Ho Chi Minh akan berangkat dari Bandara Internasional Tan Son Nhat Vietnam pada pukul 09.11 waktu setempat.

Sebagai maskapai yang mendapat penghargaan dari skytrax, pihaknya akan memberikan tiket promo khusus untuk semakin mengenalkan Vietnam Airlines kepada masyarakat. Khusus untuk penerbangan dengan rute dari Indonesia khususnya Denpasar-Ho Chi Minh City dari Rp999.00 PP dengan ketentuan harga tersebut belum termasuk pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sultan Anshori
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper