Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Akan Adakan Penilaian Pengelolaan Jalan Tol Berkelanjutan

Penilaian terhadap 54 badan usaha jalan tol akan dimulai pekan depan dan hasilnya akan diumumkan pada 3 Desember 2019.
gerbang tol Kayuagung yang merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatra. Istimewa
gerbang tol Kayuagung yang merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatra. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan penilaian pengelolaan jalan tol berkelanjutan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan fungsi lainnya seperti menjadi etalase daerah di sekitarnya.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman mengatakan bahwa nantinya jalan tol bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai etalase daerah di sekitarnya.

"Rest area seharusnya menginformasikan banyak hal seperti objek wisata, misalnya. Kami berharap jalan tol dan komponen di dalamnya, termasuk rest area, dapat memberi informasi lebih kepada para pengendara di sana," paparnya dalam acara Press Briefing dan Diskusi Pengelolaan Jalan Tol Berkelanjutan, Kamis (17/10/2019).

Dalam memaksimalkan fungsi jalan tol melalui pengelolaan yang berkelanjutan, diperlukan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi antarkementerian seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Perhubungan.

Penilaian pengelolaan jalan tol Berkelanjutan akan dimulai pekan depan dan hasilnya akan diumumkan pada 3 Desember 2019.

Sudirman menjelaskan bahwa penilaian terhadap 54 badan usaha jalan tol (BUJT) ini bukanlah perlombaan yang akan menghasilkan juara.

"Jadi, ini bukan lomba, tetapi mengajak kebersamaan dalam pengelolaan jalan tol berkelanjutan. Yang terbaik itu bisa lima, bisa 10, bisa tidak ada, atau bahkan semua," katanya.

Pengamat tata kota Yayat Supriatna mengatakan bahwa publik harus menerima pelayanan yang maksimal ketika menggunakan jalan tol. Pasalnya, hal itu yang menjadi keunggulan jalan tol dibandingkan dengan jalan arteri.

"Kalau di jalan arteri, mau komplain tidak ada yang memperhatikan. Namun, kalau di jalan tol itu pasti bisa karena ada pelayanan di dalamnya," ujarnya.

Dengan mengakses jalan tol, lanjutnya, para pengguna harus mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan. Pasalnya, jalan tol adalah produk dari korporasi yang mengutamakan pelayanan maksimal kepada para pelanggannya.

Pengelolaan jalan tol yang berkelanjutan menjadi kunci untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya pelayanan di ruas tol, tetapi hingga mencakup tempat istirahat dan pelayanan (rest area).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper