Proptech Mengubah Cara Manajer Properti Menjalankan Bisnis

Proptech bisa secara signifikan memangkas waktu dan rangkaian upaya yang diperlukan untuk melakukan tugas sederhana.

Bagaimana manajer properti dapat mengoptimalkan revolusi proptech untuk mengefisienkan bisnis dan merebut hati pelanggan baru? 

Kita tentu pernah mendengar kata 'fintech', suatu istilah untuk menjelaskan penggunaan teknologi di sektor finansial.

Namun dalam beberapa tahun belakangan, muncul istilah baru dalam kosakata bidang keuangan yang senantiasa dinamis, yaitu 'proptech'. 

Berasal dari gabungan kata 'properti' dan 'teknologi', proptech mengacu pada penggunaan teknologi modern untuk menyempurnakan dan meningkatkan operasi di sektor properti. 

Definisi proptech memiliki cakupan yang luas, termasuk aplikasi dan situs web seperti yang digunakan untuk memesan ruang rapat atau mencari real estat; perangkat keras seperti sensor gerak, komputer rumah dan drone pintar untuk meninjau bangunan; dan objek fisik yang dibuat dengan bantuan teknologi seperti bahan bangunan hasil cetak 3D. 

Apa manfaat praktisnya untuk kegiatan bisnis sehari-hari?

Jika ditinjau dari sudut pandang manajer properti, proptech akan memberikan banyak keuntungan.

 Manajemen waktu dan produktivitas

Proptech bisa secara signifikan memangkas waktu dan rangkaian upaya yang diperlukan untuk melakukan tugas sederhana.

Sebagai contoh, klien bisa memesan ruang rapat secara online alih-alih manual dan melakukan pembayaran secara otomatis. 

Akuisisi dan retensi

Simak faktanya: kebanyakan orang saat ini bersahabat karib dengan perangkat teknologi mereka, seperti ponsel, aplikasi, atau laptop.

Jika Anda bisa memesan taksi lewat ponsel di tangan, kenapa harus membuang waktu untuk memesan ruangan atau menyewa kantor pribadi siap pakai dengan cara lama? Kemudahan adalah kuncinya.

Kaum Milenial menghargai waktu dan kemudahan yang didapatkan dari teknologi modern untuk membantu mereka menyelesaikan berbagai tugas. 

Menyediakan proptech yang memungkinkan calon pelanggan melihat portofolio Anda, serta menyempurnakan pencarian dan pemesanan dengan cepat dan mudah bisa menjadi langkah penting, sehingga Anda tidak harus mencari pelanggan baru atau melihat pelanggan Anda beralih ke tangan kompetitor yang jauh lebih piawai menawarkan kemudahan. 

Dokumentasi data

Semakin Anda mengenal pelanggan, semakin mudah untuk memahami kebutuhan mereka.

Proptech seperti pemesanan otomatis memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi terbaru klien, sehingga Anda bisa memberikan penawaran yang lebih sesuai dan mengirimkan komunikasi pemasaran yang tepat sasaran sehingga potensi pemasukan makin besar di masa mendatang. 

Masa depan dunia kerja 

Proptech hanyalah satu bagian kecil dari semesta besar "masa depan dunia kerja". Pada dasarnya, proptech adalah cara berpikir yang memberi keleluasaan pada karyawan untuk berkonsentrasi lebih pada kerja-kerja kreatif – serta mendelegasikan kerja rutin harian pada teknologi. 

Dengan tampak lebih aktif mengikuti perkembangan tren masa depan, perusahaan akan mampu menggenggam kunci untuk bertahan dan tampil menonjol di antara para kompetitor.

Sementara dari sudut pandang praktis, investasi pada proptech memungkinkan tenaga kerja fokus pada pengembangan bisnis alih-alih terus berkutat dengan tugas harian.

 Kunjungi regus.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper