Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

The Fed Khawatir Pasar Berharap Penurunan Bunga Lebih Tinggi

Beberapa pembuat kebijakan bank sentral AS khawatir pasar berharap penurunan suku bunga lebih tinggi daripada yang ingin disampaikan oleh pejabat bank tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  07:40 WIB
/Reuters
/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Beberapa pembuat kebijakan bank sentral AS khawatir pasar berharap penurunan suku bunga lebih tinggi daripada yang ingin disampaikan oleh pejabat bank tersebut.

Demikian, menurut berita acara yang dirilis usai pertemuan para petinggi bank itu.

Komite Pasar Terbuka Federal menyetujui pemotongan suku bunga seperempat poin pada pertemuan 17-18 September lalu. Bank itu juga menempatkan suku bunga dana semalam dalam kisaran target 1,75% hingga 2% seperti dikutip CNBC.com, Kamis (10/10).

Tetapi dokumen yang dikeluarkan setelah pertemuan juga menunjukkan perbedaan tajam di antara anggota komite bank sentral tentang jalur kebijakan di masa depan.

Notulen menguatkan kekhawatiran tersebut selain kekhawatiran bahwa pasar menuntut kebijakan moneter yang lebih longgar. Ringkasan hasil pertemuan itu menyatakan bahwa "beberapa peserta" pada pertemuan September mengakui harga komoditas di pasar berjangka saat ini menunjukkan kodisi yang lebih akomodatif.

Dalam kondisi demikian pasar sangat berharap bahwa The Fed akan menindaklanjuti penurunan suku bunga pada Juli dan September dan berikutnya  pada bulan Oktober. Pasar juga melihat akan lebih banyak penurunan di tahun 2020.

"Karena ada potensi kesalahpahaman, mungkin menjadi penting bagi Komite untuk mencari keselarasan ekspektasi pasar yang lebih baik terkait kebijakan yang akan dikeluarkan,” menurut hasil risalah tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kebijakan The Fed
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top