Produksi Tiang Pancang 50 Meter, WSBP Berniat Pasok Jembatan Teluk Balikpapan

Perseroan akan mengirim tiang pancang dari pabrik di Jawa bila desain akhir dari jembatan tersebut sudah dipastikan menggunakan fondasi tiang pancang berongga.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 07 Oktober 2019  |  19:06 WIB
Produksi Tiang Pancang 50 Meter, WSBP Berniat Pasok Jembatan Teluk Balikpapan
Manajemen merayakan HUT Ke-5 PT Waskita Beton Precast Tbk. di Cilegon, Banten, Senin (7/10/2019), ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng. - Bisnis/Aprianus Doni T.

Bisnis.com, CILEGON — PT Waskita Beton Precast Tbk. mengklaim menjadi pelopor dalam memproduksi spun pile atau tiang pancang sepanjang 50 meter di Indonesia.

Rencananya, produk terbaru ini akan diusulkan untuk digunakan untuk proyek jembatan tol Balikpapan—Penajam Paser Utara atau dikenal juga dengan Jembatan Teluk Balikpapan.

Direktur utama PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) Jarot Subana mengatakan bahwa perseroan akan mengirim tiang pancang tersebut dari pabrik di Jawa bila desain akhir dari jembatan tersebut sudah dipastikan menggunakan fondasi tiang pancang berongga.

"Kalau nanti desain jembatan di Penajam itu pakai tiang pancang, kami usulkan pakai ini [tiang pancang 50 meter]. Namun, desain masih bisa berubah-ubah, bisa pakai bore pile, bisa pakai ini [spun pile] atau tiang baja," ujarnya di sela-sela acara perayaan HUT Ke-5 WSBP di Cilegon, Banten, Senin (7/10/2019).

Proyek jembatan tol Balikpapan—Penajam Paser Utara sepanjang 7,60 kilometer merupakan prakarsa dari PT Waskita Toll Road (WTR). Proyek ini diperkirakan menelan biaya pembangunan hingga Rp16,50 triliun.

Selain meluncurkan tiang pancang 50 meter, WSBP juga meluncurkan dua produk baru lainnya yakni tiang listrik dan bantalan rel kereta api.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
waskita beton precast, jembatan tol balikpapan

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top