Ada Latihan HUT ke-74 TNI, 15 Penerbangan di Halim Perdanakusuma Dialihkan

Operasional Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Rabu (02/10/2019) terganggu akibat aktivitas latihan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU) untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 yang jatuh pada Sabtu, (5/10/2019) mendatang.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  11:19 WIB
Ada Latihan HUT ke-74 TNI, 15 Penerbangan di Halim Perdanakusuma Dialihkan
Pesawat tempur melintasi taxiway Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu 2 Oktober 2019. - Bisnis/Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA - Operasional Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Rabu (02/10/2019) terganggu akibat aktivitas latihan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU) untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 yang jatuh pada Sabtu, (5/10/2019) mendatang.

Berdasarkan pantauan Bisnis di ruang tunggu terminal Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, satu jadwal penerbangan yang terganggu adalah Citilink Indonesia dengan rute Jakarta-Malang, nomor penerbangan QG-160.

Pesawat yang seharusnya lepas landas pada pukul 07.30 WIB itu hingga pukul 10.40 WIB masih belum diberangkatkan.

Salah satu petugas ground handling yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan sebanyak 15 penerbangan domestik untuk semua rute dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Pengalihan jadwal penerbangan ini membuat sejumlah jadwal penerbangan terganggu.

"Ada 15 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Halim perdana Kusuma dialihkan ke Soetta, ada juga yang delay (ditunda)" katanya saat ditemui Bisnis.com, Rabu.

Salah satu penumpang pesawat Citilink QG-160 asal Jakarta, Abdul Latief mengeluhkan gangguan operasional yang terjadi di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Pasalnya, dia mengaku tak mendapatkan informasi dari awal terkait dengan gangguan tersebut.

"Gangguan operasional ini bukan karena cuaca atau kejadian force majeur, seharusnya bisa diinformasikan dari awal atau dialihkan ke [Bandara Internasional] Soekarno-Hatta," katanya kepada Bisnis.com.

Sementara itu, penumpang lainnya Rizka Amalia menambahkan, seharusnya pihak pengelola bandara maupun maskapai penerbangan memberikan informasi dari awal terkait gangguan operasional ini.

"Kita sudah naik ke pesawat, tiba-tiba disuruh turun lagi ke ruang tunggu, menunggu lama untuk diberangkatkan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tni, bandara halim perdanakusuma

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top