Sinar Mas & Microsoft Berkolaborasi Jadikan BSD City Kota Pintar

Sinar Mas Land memiliki visi untuk menciptakan kota masa depan dengan tempat tinggal yang cerdas.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 12 September 2019  |  12:01 WIB
Sinar Mas & Microsoft Berkolaborasi Jadikan BSD City Kota Pintar
Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja (ketiga kanan) dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee (ketiga kiri) menandatangani nota kesepahaman untuk mentransformasi BSD City menjadi Smart City. - Fitri Sartina D.

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN — Sinar Mas Land dan Microsoft menandatangani nota kesepahaman untuk berkolaborasi dalam mentransformasi BSD City menjadi kota pintar terintegrasi atau integrated smart city.

Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti awan (cloud), artificial intelligence, internet of things (IoT), dan pengambilan keputusan berbasis data, Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyatakan bahwa pihaknya memiliki visi untuk menciptakan kota masa depan dengan tempat tinggal yang cerdas.

Selain itu, Sinar Mas Land juga ingin menciptakan tempat kerja yang terhubung, dan kawasan usaha hub digital dalam melengkapi layanan masyarakat dan infrastruktur publik.

Sebagai bagian dari perjanjian kerjasama tersebut, Microsoft akan membuka kesempatan bagi para mitra untuk bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam mengembangkan solusi berdasarkan bidang keahlian mereka.

“BSD City adalah proyek ambisius kami dengan peluang pertumbuhan yang besar, terutama eksplorasi pengembangan masyarakat digital yang sedang menjadi salah satu perhatian kami saat ini,” ujarnya di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahaman antara Sinar Mas Land dan Microsoft di BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (12/9/2019).

Terinspirasi untuk menjadi pelopor dalam properti dan pengembangan, kata Michael, Sinar Mas Land sangat antusias untuk melakukan transformasi digital di BSD City yang merupakan proyek township terbesarnya.

“Kerja sama dengan Microsoft ini akan memperkuat posisi Sinar Mas Land maupun Microsoft pada skala yang lebih besar dan membuat Indonesia menjadi negara percontohan dalam hal smart city.”

Sebelumnya, Sinar Mas Land telah memulai transformasi kota mandiri terbesarnya, BSD City menjadi kota pintar pertama yang terintegrasi.

Sinar Mas Land juga mengembangkan hub digital di BSD City pada area seluas 26 hektare yang ditujukan untuk perusahaan multinasional, perusahaan rintisan, lembaga pendidikan, pusat penelitian, dan komunitas berbasis teknologi digital.

Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee mengatakan bahwa kedua perusahaan memiliki kemitraan yang mapan setelah sebelumnya bermitra dalam transformasi digital perusahaan dan lini usaha Sinar Mas Group.

“Dengan MoU [memorandum of understanding] ini Microsoft menghadirkan keahlian global yang menciptakan smart dan sustainable city di seluruh dunia, termasuk salah satunya Indonesia,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
microsoft, sinar mas land, smart city

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top