Bandara Sepinggan Raih 4 Penghargaan Prestisius dari ACI, Apa Itu?

Penghargaan dari ACI mengukuhkan posisi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik di kategori dengan 5 juta-15 juta penumpang per tahun.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 05 September 2019  |  12:09 WIB
Bandara Sepinggan Raih 4 Penghargaan Prestisius dari ACI, Apa Itu?
Pesawat berada di apron Bandara Sepinggan, Balikpapan, baru baru ini. - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, DENPASAR--Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menerima empat penghargaan prestisius tingkat dunia di bidang pelayanan pelanggan, Airport Service Quality (ASQ) Awards 2018, yang diselenggarakan oleh Airports Council International.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi mengatakan bahwa penghargaan ini mengukuhkan posisi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik di kategori bandara dengan 5 juta-15 juta penumpang per tahun setelah tahun lalu juga meraih penghargaan serupa.

"Ini merupakan bagian dari pengakuan ACI [Airports Council International], bahwa secara bertahap AP I semakin meningkat kualitas pelayanannya," kata Faik seusai Gala Dinner dalam rangkaian acara 2nd ACI Customer Experience Global Summit, Rabu (4/9/2019) malam.

Pada ASQ Awards 2018, imbuhnya, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berhasil meraih penghargaan pada empat kategori. Keempat kategori itu yaitu:

1. Best Airport by Size and Region. Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

2. Best Environment and Ambience by Size. Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

3. Best Customer Service by Size. Bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

4. Best Infrastructure and and Facilitation by Size. Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Penilaian tersebut didasarkan hasil survei ASQ yang dirilis 6 Maret 2019. ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Penghargaan ini, lanjutnya, merupakan bukti nyata kerja keras dan fokus AP I untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
angkasa pura i, bandara sepinggan

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top