Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kecelakaan Maut Tol Cipularang: Menhub Minta Jasamarga Pasang Rambu Khusus

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengelola jalan Tol Cipularang untuk memberikan rambu-rambu tertentu di lokasi kecelakaan beruntun yang terjadi di kilometer 91 - 92, Senin (2/8/2019).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 September 2019  |  14:01 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mengikuti rapat di Kemenko Kemaritiman, Selasa 3 Septembar 2019. - Bisnis/Rayful Mudassir
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mengikuti rapat di Kemenko Kemaritiman, Selasa 3 Septembar 2019. - Bisnis/Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengelola jalan Tol Cipularang untuk memberikan rambu-rambu tertentu di lokasi kecelakaan beruntun yang terjadi di kilometer 91 - 92, Senin (2/8/2019).

Kecelakaan tersebut menyebabkan delapan orang tewas dan 28 lainnya luka-luka. Menhub menyebut pengelola tol semestinya memberikan rambu tertentu di titik rawan kecelakaan.

"Saya minta pengelola jalan tol ini untuk memberikan suatu syarat, rambu-rambu dan peringatan lebih tegas dan jelas sehingga kita mau ambil tindakan itu bagus dan laik. Khusus itu mungkin pakai lampu, ada suara , atau ada yang jaga. Kalau satu tempat udah berulang [kecelakaannya] pasti something wrong," katanya di Kemenko Kemaritiman, Selasa (3/9/2019).

Tol Cipularang saat ini dikelola BUMN jalan tol PT Jasamarga (Persero) Tbk dengan memiliki panjang lintasan 54 kilometer.

Selain itu, Budi Karya juga menugaskan secara khusus Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi terkait kecelakaan itu.

Pun demikian, menurutnya secara kasat mata dia menyebut kecelakaan kemarin terjadi akibat pelanggatan batas kecepatan dan muatan barang.

"Belum [ada laporan terbaru dari pengelola tol Cipularang] kemarin masih koordinasi," katanya.

Belum diketahui secara pasti kronologi kecelakaan tragis tersebut. Namun, dugaan sementara kecelakaan lalu lintas itu terjadi akibat truk yang berguling. Sekejab kemudian sejumlah kendaraan lainnya terkejut dan menyebabkan tabrakan beruntun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan tol purbaleunyi tol cipularang
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top