KABAR PASAR 23 AGUSTUS: Kredit Menggeliat, Kaltim Jadi Pilihan Ibu Kota Baru

Berita mengenai penurunan suku bunga acuan yang mendorong pertumbuhan kredit serta bocoran lokasi ibu kota baru menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (23/8/2019).
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  07:39 WIB
KABAR PASAR 23 AGUSTUS: Kredit Menggeliat, Kaltim Jadi Pilihan Ibu Kota Baru
Presiden Jokowi disambut Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). - Setkab/Anggun

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai penurunan suku bunga acuan yang mendorong pertumbuhan kredit serta bocoran lokasi ibu kota baru menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (23/8/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Kredit Menggeliat. Di luar ekspektasi para ekonom, Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dari 5,75 persen menjadi 5,5 persen untuk mendorong pertumbuhan kredit di tengah ketidakpastian perekonomian global.

Kaltim Jadi Pilihan Ibu Kota Baru.  Akhirnya terjawab sudah lokasi ibu kota baru pengganti DKI Jakarta. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil membocorkan lokasi ibu kota nantinya berada di Kalimantan Timur.

BI Optimistis Inflasi Terkendali. Musim kemarau diyakini tidak akan menyebabkan inflasi lebih tinggi. Bank Indonesia (BI) optimistis inflasi pada tahun ini masih di bawah titik tengah sasaran yaitu ±3,5 persen.

Perburuan WP Tak Patuh Makin Gencar. Otoritas pajak terus merancang strategi untuk memburu wajib pajak (WP) tak patuh seiring meningkatnya risiko shortfall penerimaan pajak pada tahun ini.

Target Pembiayaan Capai Rp100 Triliun. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan realisasi Pembiayaan Investasi Non-Anggatan Pemerintah (PINA) pada tahun ini ditetapkan senilai Rp100 triliun.

IPO Anak Usaha Softbank, Dana Minimal Investor US$10. Unit broker SoftBank Corp. akan melakukan sebuah terobosan besar di pasar modal, yakni dengan memberikan kesempatan investor individu atau ritel untuk berpartisipasi dalam penawaran umum perdana.

Internal Bank Sentral AS Terpecah. The Fed terpecah. Sebagian pejabat di bank sentral Amerika Serikat itu sepakat untuk menurunkan suku bunga acuan, tetapi tidak sedikit yang menolak.

Optimisme Pelaku Usaha Belum Pulih. Aktivitas di sektor swasta zona euro secara tak terduga menunjukkan peningkatan. Indeks Manajer Pembelian komposit IHS Markit naik menjadi 51,8 pada Agustus, menunjukkan ekspansi yang sedikit lebih kuat dibandingkan dengan Juli yang sebesar 51,5.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kabar global, kabar pasar

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top